Item terkait

Sabtu, 23 November 2013 04:47

Mentawai Keindahan Nirwana Yang Tersembunyi

Salah satu kekayaan alam Indonesia yang tersembunyi di Sumatra

 

 

Surfing sepertinya telah melingkari Negara Indonesia, kekayaan alam dan keindahan pantai dan lautnya sungguh menakjubkan. Apalagi banyaknya wisatawan asing yang sangat menyukai Indonesia karena faktor ini. Mereka berpetualang untuk mengunjungi dan menemukan surf spot rahasia. Pulau Sumatra adalah salah satu pulau yang menjadi surga bagi para surfer.

Pulau Sumatra terletak di tengah Samudra Hindia, berjarak 150 km dan memakan waktu perjalanan 9 jam dari Padang di Sumatra Barat, Mentawai tampil bersinar dengan semua pesona alam dan menjadikannya tempat mengasingkan diri yang luar biasa dari kehidupan kesibukan. Mentawai adalah habitat alami bagi 16 spesies endemik, dan beberapa dari mereka dikategorikan sebagai spesies yang hampir punah, misal monyet Simakobu (simias concolor – yang memakan daun sebagai makanan utama).

Kehidupan masyarakat Mentawai saat ini dikategorikan sebagai warisan dari era neolitik dan mereka memiliki kepercayaan yang kuat pada alam, karena itulah kehidupan mereka sangat dipengaruhi oleh alam. Mereka percaya bahwa alam adalah pusat kehidupan. Semua atribut yang asli ini membuat Mentawai menjadi tempat yang sempurna untuk mendapatkan pengalaman budaya, disini anda akan melihat sebuah adat dan budaya yang sangat menarik, seperti kain tradisional, seni, musik dan cara hidup. Atribut budaya secara keseluruhan sangat mencerminkan rasa hormat mereka terhadap alam. Tato adalah salah satu simbol paling penting bagi orang Mentawai, yang mencerminkan kematangan, kedewasaan dan status. Seni body painting ini diwarisi dari nenek moyang mereka, sedangkan tinta tato alaminya dibuat dari daun.

Diantara para surfer, Mentawai adalah tempat terbaik untuk mengisi kebutuhan bagi mereka pencari tantangan dan keindahan alam. Pantai-pantainya menawarkan salah satu gelombang tertinggi di dunia, 3 sampai 4 meter, benar-benar menantang andrenalin kalian. Sekali kamu mendaratkan diri kamu di pulau surga yang tersembunyi ini, maka selanjutnya kamu akan mendayung masuk ke arena surfing terbaik dunia. Jangan sebut diri kmau sebagai seorang surfer jika kamu belum mencoba gelombang Mentawai seperti yang dikatakan kebanyakan para surfer untuk mengungkapkan pengalaman mereka melakukan surfing di Mentawai. Ada empat tempat diving utama di Mentawai yaitu Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan. Kamu dapat menemukan gelombang besar di sini sepanjang tahun, tetapi ombak terbaik selama musim kemarau, Maret hingga Oktober. Pastikan kamu memiliki otot perut yang kuat untuk mengeksplorasi semua gelombang yang bagaikan kaca, karena cara terbaik untuk menjuluki pengalaman surfing Anda adalah melalui mengalaminya sendiri.

 

Cara ke Mentawai

1. Ambil penerbangan dari pelabuhan udara Sukarno Hatta, Jakarta ke bandara Tabing, Padang-Sumatera Barat (tersedia setiap hari)

2. Ambil feri dari pelabuhan Teluk Bayur, Padang ke pulau Mentawai

 

Berkeliling di Mentawai

Untuk mengakses semua keindahan yang ditawarkan, kamu dapat menyewa perahu yang dimiliki oleh penduduk setempat. Kamu dapat menemukan perahu di sepanjang pantai. Harga tergantung bagaimana kalian menawar.

 

Kegiatan Pantai

1. Menikmati Keindahan pantai

2. Diving atau penyelaman

3. Snorkeling

 

Kegiatan Budaya

1. Belajar tarian tradisional (tarian perang dan terima kasih kepada alam)

2. Upacara tradisional

3. Mentawai adalah salah satu tempat terbaik untuk melakukan studi Etnografi karena disini terdapat salah satu suku tertua di Indonesia

 

Kegiatan Ekowisata

Sebagai habitat primata langka, hutan hujan alami Mentawai menjadi tempat yang sempurna untuk penelitian atau tujuan pendidikan lainnya. Disini Anda dapat melakukan penelitian tentang

1. Monyet berhidung pesek / Simakobu (Simias concolor) yaitu keluarga monyet yang memakan daun-daunan sebagai makanan utama

2. Joja atau Lutung Mentawai (Presbytis potenziani) dengan mudah diidentifikasi karena ekornya yang panjang, wajah putih dan kepala dengan rambut hitamnya.

3. Bokkoi atau beruk Mentawai (Macaca pagensis)

4. Kloss Gibbon / Bilou atau Siamang Kerdil (Hylobates klossii) yang terkenal dengan suara yang indah, berbeda dengan monyet pada umumnya

 

Jadi tunggu apalagi tertarik untuk mengunjungi Mentawai? Tidak usah jauh ke luar negeri untuk melihat keindahan alam karena Indonesia sudah memiliki surga alam laut yang sangat mempesona mata dunia.

 


{orgremote}http://dinkesmentawai.org{/orgremote}
Scroll To Top