Lombok Lombok

Item terkait

Sabtu, 23 November 2013 06:14

Surfing di Lombok

Mengenal dan memahami Pulau Lombok

 

 

Lombok telah menjadi salah satu tempat tujuan para peselancar selama bertahun - tahun.  Lombok merupakan alternatif lain jika untuk berselancar dan ingin mencari tempat lain selain Bali, kamu akan menemukan Lombok dan Sumbawa sebagai tempat yang tak terbayangkan sebelumnya, terutama sekali karena lingkungan alam sekitarnya dan tempatnya yang tersendiri. Surfing telah memberikan masukan terbesar bagi industri pariwisata Pulau Bali di waktu awal popularitasnya, tapi setelah semakin banyaknya pengunjung kelebihan populasi pengunjung untuk tujuan surfing menyebabkan turunnya popularitas.

Lombok dan Sumbawa adalah tempat baru yang masih belum banyak tereksplorasi, tuan rumah bagi beberapa lokasi surfing di sebelah Selatan Samudra Pasifik, Lombok menyediakan banyak lokasi dengan ombak yang bagus.

Lombok tanpa diragukan lagi memiliki gelombang kidal (left hand wave) terbaik di dunia dan tempat tersebut berlokasi di Desert Point di Bangko-Bangko, sebelah Barat Daya Lombok yang berlangsung terus menerus seperti dibuat oleh mesin. Walaupun demikian terkadang peselancar sangat ramai dan sewaktu surut, hal tersebut dapat membahayakan.


Lombok juga memiliki tempat tujuan surfing lainnya yakni Kuta Lombok, tempat ini berbeda dengan Kuta Bali. Di Gerupuk, daerah Selatan, gelombang kiri dan kanan lebih cocok untuk papan yang panjang.

Tidak jauh dari Gerupuk ada Ekas Bay dengan gelombang kanan dan kirinya dengan ukuran yang besar. Menuju Utara Lombok, tepat di pusat wisata Pulau ini, yakni wilayah Senggigi yang sangat terkenal bagi para peselancar lokal khususnya pemula memiliki ombak kanan dan kirinya yang unik.

Gelombang di wilayah Senggigi lebih berubah - ubah dibanding daerah Selatan pulau Lombok. Ombak disini mendapatkan dorongan dari lautan di Selat Lombok. Penginapan kelas utama yang langsung di depan lokasi berselancar yakni Senggigi Beach menjanjikan kenyamanan untuk penggemar surfing berkantung tebal. Akan tetapi penginapan kelas sedang dan biasa juga dapat di jumpai dengan mudah di wilayah ini.

Menuju Utara, terdapat Alang Alang Poin dan beberapa tempat dengan ombak yang bagus di sepanjang wilayah pantai Barat laut Pulau Lombok. Melengkapi tempat - tempat surfing lainnya, Kepulauan kecil yang dalam bahasa setempat di sebut Gili dan yang paling terkenal di antaranya adalah 3 Gili, yakni Gili Trawangan, Meno dan Air, menawarkan beberapa tempat surfing terbaik.

Secara umum surfing di wilayah Lombok dan Sumbawa cocok menggunakan papan pendek. Menjadi tantangan tersendiri menggunakan papan panjang ketika menemukan gelombang yang semakin curam dan berlekuk lekuk. Jika anda ingin surfing disini ingatlah selalu bahwa anda berselancar di atas bebatuan karang yang tajam dan berhati - hatilah.

Pulau Lombok berbeda dengan Bali begitu juga dengan Pulau Sumbawa. Penduduk, adat budaya, agama dan cara hidup serta terutama sekali pemandangan alam sekitar yang benar - benar unik diantara pulau - pulau tersebut juga pulau - pulau lain di Indonesia. Pengalaman indah yang tak terlupakan akan kamu dapatkan selama mengunjungi tempat - tempat tersebut, namun ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar jika kamu mengunjungi tempat - tempat tersebut demi kelestarian alam yang bisa kita wariskan pada generasi penerus.

Scroll To Top