Item terkait

Selasa, 18 Maret 2014 09:49

Surf spot 'Bingin'

Pantai Bingin Pecatu Bali, pantai yang indah dengan ombak yang kuat

 

Jika kamu menyukai tantangan khususnya dalam surfing, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi pantai yang satu ini. Yuk ikuti penjelasan dari Pemburu Ombak berikut ini.

Pantai Bingin adalah salah satu pantai yang indah dan menawan berlokasi di Pecatu, Nusa Dua Bali. Karakter dari ombak Bingin adalah besar, kuat dan menantang yang mampu merangsang adrenalin bagi setiap surfer terutama untuk pengalaman surfing, hingga surfer profesional pun ingin menaklukkan ombak di pantai ini.'Meskipun lokaisnya agak jauh dari area parkir dan akses pantai yang belum cukup baik, namun pantai ini tidak kehilangan perhatian bagi para surfer yang ingin mencoba tantangan dari ombak Bingin.  surf spot ini banyak dikunjungi surfer dari berbagai negara bahkan surfer kelas dunia yang ingin menghadiri kompetisi di pantai berbatu ini.

Bagi orang yang sudah pernah ke pantai ini, lokasinya tidak terlalu tersembunyi. Bahkan, sebenarnya pantai ini bisa terlihat jelas dari Pantai Dreamland. Hanya saja kalau dari pantai Dreamland, kita harus naik perahu atau berenang. Pantai dreamland dan pantai Bingin memang dipisahkan oleh tebing yang cukup tinggi, dan tidak mungkin dilewati dengan berjalan ketika kondisi laut sedang pasang.Pantai Bingin memiliki pasir bertekstur kasar dengan hamparan karang di tepiannya. Meskipun begitu hamparan karang ini malah menjadi keunggulan pantai bingin. Karena ketika air laut mulai surut hamparan karang ini akan membentuk kolam-kolam yang berarus tenang yang cocok sekali untuk berenang.

Nah, kapan waktu yang tepat untuk surfing disini? Musim terbaik untuk surfing di Bingin adalah pada musim kemarau  karena angin berhembus dari timur ke barat sehingga menciptakan ombak yang baik untuk petualangan surfing kamu. Alasan lain kenapa ombaknya besar, karena letaknya disebelah kanan dari semenanjung Bali sehingga pada musim kemarau ombaknya besar dan kuat.

Berikut ini kriteria Bingin
Tipe ombak                           : Kuat, swell panjang,konisten dan Barrel barrel
Kesulitan                               : 4 level
Surfer yang cocok                  : untuk surfer professional bukan pemula
Tipe pantai                           : Berbaru karang
Ukuran ombak                       : 3 - 8 feet, jika dalam keadaan normal antara 2 hingga 4 feet
Bulan yang baik untuk Surfing  : April, Mei, Juni, Juli dan Agustus

Scroll To Top