Item terkait

Jumat, 03 April 2015 11:44

SISTEM ELEKTRONIK 'PIDKOA' AKAN SEGERA BEROPRASI DI BANDARA BALI

PIDKOA mempermudah pihak Imigrasi melacak keberadaan turis.

 

Pihak Kantor Imigrasi di Bandara Internasional Ngurah Rai telah memperkenalkan teknologi terbaru alat Electronic Temu Data dan Sistem Monitoring yang canggih untuk Warga Asing (PIDKOA).

Danny Ariana, Kepala bagian infrastruktur data untuk kantor Imigrasi Bandara menjelaskan sistem PIDKOA akan segera beroperasi penuh untuk pelacakan lokasi dan status orang asing di Pulau Bali. "Kami telah memprogram sistem elektronik PIDKOA yang sekarang ini sedang diuji. Setelah itu dalam operasi kami berharap masyarakat akan berpartisipasi dalam mengendalikan kegiatan orang asing di Bali, di manapun mereka berada, " jelas Danny. "Ketika nanti sudah dimulai sistem ini secara penuh, sistem PIDKOA akan memungkinkan semua hotel, villa dan penyedia akomodasi lainnya di Bali untuk memenuhi kewajiban hukum untuk melaporkan kehadiran pengunjung asing secara elektronik."tambahnya.

Sistem baru ini akan memungkinkan anggota penyedia layanan publik dan akomodasi untuk melaporkan rincian orang asing kepada pejabat imigrasi on line. Dan data yang penting yang wajib dilaporkan adalah nama orang asing, jenis kelamin, negara asal, tujuan dan panjang yang dimaksudkan tinggal di Indonesia.

Juru bicara imigrasi menegaskan bahwa efektif 1 April 2015 bandara Bali tidak akan lagi memerlukan pengunjung asing untuk mengisi embarkasi dan debarkasi kartu.

 

Scroll To Top