Item terkait

Selasa, 10 Maret 2015 00:00

DESTINASI SURFING BATUKARAS

Menyediakan ombak untuk pemula hingga yang professional.

 

Batu Karas merupakan campuran dari pantai Batu Hiu dan pantai Pangandaran. Pantai ini cocok untuk berenang dan berselancar. Batu Karas tidak hanya menawarkan air yang tenang tetapi juga ombak yang menantang. Alam sekitar Batukaras yang indah membuat orang-orang menyebutnya sebagai Bali keci. Terletak sekitar 40 kilometer atau satu jam perjalanan dari Pangandaran, pantai berpasir hitam yang cantik dan memiliki beragam ombak ini merupakan destinasi surfing yang sempurna.

Batu Karas sudah populer di kalangan para peselancar, nasional dan internasional. Selain pantainya yang relatif datar, Batu Karas juga memiliki teluk kecil, sehingga peselancar tidak perlu mendayung terlalu jauh ke titik awal gelombang datang. Ada tiga tempat berselancar yang biasa dikenal di kalangan peselancar yakni Karang, Legok Pari dan Bulak Bendak.

Karang, berarti batu, yang berasal dari banyak batu yang terletak pantai ini, kesempatan berselancar di pantai ini hanya didapat ketika air sedang pasang. Legok Pari adalah tempat berselancar paling favorit dan pantai yang sempurna untuk pemula karena pantai ini relatif aman dan ombak tidak terlalu tinggi. Untuk peselancar profesional, Bulak Bendak adalah tempat yang mereka pilih. Di sini, gelombang dapat menciptakan dinding panjang dan tinggi. Berselancar di Batu Karas tidak hanya menarik, tapi juga menyenangkan.

Di Batukaras, kini mulai banyak warga yang sadar bahwa daerah ini berpotensi di bidang pariwisata karena banyaknya surfer yang datang. Maka dari itu banyak warga membangun homestay untuk akomodasi para pelancong yang menyambangi Batukaras. Selain homestay yang dibuat oleh warga setempat, ada juga beberapa resort dari pihak swasta untuk kalian yang ingin merogoh kocek lebih dalam demi menikmati fasilitas kamar resort yang lebih nyaman.

Untuk menuju batukaras, untuk kalian yang menggunakan mobil pribadi atau sewaan, Batu Karas bisa ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari Pangandaran ke arah Cijulang. Tidak akan sulit untuk menemukan Batu Karas karena ada banyak tanda yang menunjukkan ke arah batukaras. Jika kalian ingin menggunakan transportasi umum, maka terlebih dahulu harus pergi ke terminal utama Pangandaran kemudian mengambil minibus ke Cijulang. Kemudian dari Cijulang, kalian bisa sewa mobil carteran atau bisa telepon homestay di batukaras yang biasanya menyediakan jasa jemput tamu.


Scroll To Top