Item terkait

Selasa, 10 Maret 2015 00:00

CARA UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KONSENTRASI

Otak kita benar-benar mesin yang fantastis. Istilahnya seperti Ferrari Tubuh. Namun, Anda harus tahu "cara menyetir".

Saat kita tunduk pada tingkat aktivitas mental yang sangat tinggi dibandingkan dengan nenek moyang kita. Bahkan, menurut Dr Charles Folk, direktur departemen Ilmu Kognitif di University of Villanova, "tidak pernah ada waktu lain dalam sejarah ketika ada begitu banyak gangguan seperti hari ini." Dimulai Sejak bangun tidur hingga kembali tidur, otak kita tidak berhenti. Terus menerima, memproses dan mengirimkan informasi dari berbagai sumber dan seberapa cepat otak kita melakukann konsentrasi tentunya dibutuhkan beberapa hal yang perlu dilakukan dalam menjaga dan meningkatkan konsentrasi.

So, sobat Pemburu Ombak, kali ini kami ingin membahas bagaimana meningkatkan konsentrasi pada otak. Apapun pekerjaan kalian, yuk simak tips-tips berikut yang mungkin bisa membantu kalian yang punya masalah pada konsentrasi :)

 

10 tips membantu meningkatkan tingkat konsentrasi :

1. Membuat batasan fokus pada satu kerjaan - Otak bekerja sangat baik ketika difokuskan pada satu tugas dalam satu waktu. Jika setiap 20-30 menit paras untuk melihat telepon, facebook, email atau melakukan hal lain, kembali ke kecepatan jiwa di mana encontravas Anda akan sulit, akhirnya memakan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas. Bahkan, para peneliti berpendapat bahwa hal itu dapat memakan waktu sekitar 15 menit untuk mendapatkan kembali konsentrasi setelah di bawah terganggu. Oleh karena itu, yang harus Anda lakukan adalah membangun daftar tugas dan menyelesaikannya tanpa gangguan aktifitas lain.

2. Hapus sumber potensi gangguan - Dalam rangka untuk mengelola konsentrasi pada diri sendiri dalam tugas pada satu waktu, Anda harus menghapus sumber-sumber gangguan. Ini berarti mematikan telepon, facebook, email, televisi, Skype dan hal lain yang bisa datang untuk menghibur, terutama jika Anda menemukan diri Anda melakukan pekerjaan kreatif atau yang membutuhkan banyak konsentrasi.

3. Membuat daftar tugas yang harus anda selesaikan - do list atau membuat daftar tugas dari mulai yang prioritas hingga tugas yang lebih santai. Ini tidak hanya akan membantu Anda agar tidak lupa , tetapi juga membantu Anda untuk melakukan semua pekerjaan lebih cepat dengan konsentrasi yang mantap.

4. Bangun pagi dan utamakan mulai pekerjaan di pagi hari -  Tidur dengan baik dan bangun di pagi hari akan membuat otak Anda segar, beristirahat dan penuh energi. Oleh karena itu, ini adalah waktu yang ideal untuk mengerjakan tugas-tugas yang menuntut mental dan konsentrasi.

5. Take a short break - Otak kita mungkin memiliki kesulitan berkonsentrasi untuk jangka waktu yang lama, sehingga sangat penting untuk Anda membuat interval pendek (5-10 menit) setiap jam, misalnya, untuk memberikan sedikit istirahat pada otak. Dalam beberapa menit ini, Anda bisa minum teh, mendapatkan udara, mendengarkan musik dll.

6. Olahraga - Aktivitas fisik berkontribusi pada oksigenasi lebih baik pada otak, juga memicu perubahan biokimia yang memperkuat dan meremajakan, terutama daerah-daerah yang berhubungan dengan memori dan belajar. Idealnya, lakukan olahraga yang baik seperti lari, surfing, berenang, senam, yoga, dll.

7. Konsumsi makanan kaya akan Omega 3 - Asam docosahexaenoic acid (DHA), yang merupakan jenis omega 3, merupakan nutrisi penting untuk fungsi otak, bahkan dianggap "makanan otak". Kurangnya nutrisi ini sangat umum, mengganggu tingkat konsentrasi. Asam lemak esensial ini hadir dalam konsentrasi tinggi banyak terdapat pada salmon, sarden, telur, minyak ikan dan beberapa suplemen DHA lainnya.

8. Hargai batasan anda - Ada hari-hari ketika kita tidak bisa berkonsentrasi dalam suatu pekerjaan." Ini tidak berarti Anda memiliki masalah konsentrasi, itu hanya berarti bahwa Anda adalah manusia! Pada saat seperti itu, yang ideal adalah anda menghentikan pekerjaan itu dan lakukan di lain waktu. Anda akan melihat bahwa ketika Anda kembali bekerja, anda sudah kembali segar dan tingkat konsentrasi Anda akan lebih tinggi.

9. Tidur - Ini begitu terdengar jelas, tetapi banyak orang tampaknya lupa akan pentingnya hal ini. Agar tetap segar dan penuh energi, otak kita perlu istirahat. Semakin besar keausan, semakin besar waktu lagi untuk pulih. Idealnya tidur 7-9 jam / malam.

10. Minum teh Hijau (Matcha) - Ocha matcha adalah jenis teh hijau Jepang yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi - 20x lebih dari blueberry (dianggap sebagai salah satu makanan yang paling kaya antioksidan). Selain itu, teh matcha ini mengandung asam amino yang meningkatkan tingkat konsentrasi. Para biarawan Jepang setiap hari minum secangkir teh ini menyatakan bahwa sangat membantu dalam praktek meditasi mereka. Hari ini, studi menunjukkan kebenarannya. Anda dapat minum secangkir teh ini di pagi hari (hindari minum sore hari karena Anda mungkin mengalami kesulitan tidur di malam hari).

Scroll To Top