Item terkait

Selasa, 17 Februari 2015 18:12

PENDAPAT DIKI ZULFIKAR (KETUA SSA) TENTANG POLEMIK POHON DI CIMAJA

Kami seluruh komunitas surf terutama di Cimaja tidak ada masalah dengan penanaman pohon dan semua komunitas tahu masalah ini.

 

Kali ini pemburuombak.com berhasil berbincang-bincang bersama pimpinan dari SSA (Sukabumi Surf Associatin) 'Diki Zulfikar' tentang SSA juga tentang polemik program penanaman dan penebangan pohon yang terjadi minggu lalu.Berikut wawancara pemburu ombak dengan Diki sang ketua SSA.

Pemburu Ombak : Bicara tentang anda sebagai pemimpin dari SSA. Kami ingin tahu apa sih goal atau tujuan utama dari SSA?

Diki : Tujuan utama SSA ialah Menghimpun, mempersatukan, meningkatkan dan membina persatuan anggota agar lebih berdaya dan berhasil bagi kesejahtraan kehidupan yang diabdikan bagi kepentingan kemajuan pariwisata khususnya surfing di kabupaten Sukabumi. Berupaya melaksanakan dan menyukseskan pembangunan dan pembinaan manusia melalui olahraga surfing. Dan bertindak mewakili para anggotanya dalam memperjuangkan dan melindungi kepentingan bersama. Sukabumi Surfing Association berfungsi sebagai wadah tunggal organisasi surfing di kabupaten Sukabumi dalam rangka membina komunikasi antar anggota organisasi dengan pemerintah ataupun dengan pihak swasta. Dan SSA secara aktif menggalakkan dan melaksanakan pembinaan sumberdaya insan kepariwisataan secara teratur, tertib dan berkesinambungan.

Pemburu Ombak : Apa rencana atau target SSA di tahun ini ?

Diky : Rencana SSA di tahun 2015 ini ialah, merancang dan membuat program untuk menghidupkan kembali surf series yang suda pernah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya yaitu Sukabumi Mini Groms Surf Series yang diubah menjadi Sukabumi Surf Series. Membentuk tim yang solid dan professional untuk melaksanakan setiap kontes.(Kontes, pimpinan,juri, dll). Kami akan mencari sponsor dan mencoba bekerjasama dengan pihak pemerintahan ataupun swasta untuk merealisasikan kegiatan yang akan kami laksanakan. SSA juga ingin membuat beberapa kontes lokal dan kontes berskala besar. SSA berencana ingin menanam pohon di spot-spot yang kami kira perlu dan menjaganya. SSA juga akan menggalakan dan mencanangkan Beach Clean Up utnuk menjaga kebersihan pantai.

Pemburu Ombak : Kami dengar akan dibangun jalan tol baru yang menghubungkan Jakarta-Sukabumi. Apakah dengan hal tersebut, untuk lebih mempersiapkan diri karena dengan hal tersebut berefek meningkatnya turis yang datang ke Sukabumi apakah anda akan kembali merevisi infrastruktur SSA ?

Diki : Belum ada rencana perubahan apapun di dalam SSA dan untuk persiapan kearah itu.

Pemburu Ombak : Tentang Cimaja, sebagai salah satu spot surfing di Sukabumi, menurut anda apakah daerah tersebut patut di perhatikan atau diperbaiki agar meraup lebih banyak pengunjung?

Diki : Cimaja adalah salah satu spot terbaik untuk surfing di Sukabumi. Dan saya rasa kita harus membuat pantai nyaman dan bersih kemudian membuat pantai lebih hijau supaya lebih banyak menarik minat pengunjung.

Pemburu Ombak : Tentang Polemik yang terjadi di Cimaja. Pemburu Ombak sedang membuat artikel yang tidak memihak siapapun tentang masalah penanaman pohon di Cimaja minggu lalu. Dan kami serta pembaca ingin mengetahui lebih dalam apa yang sebenearnya terjadi, Sebagai media, kami ingin membuat berita yang jujur dan berimbang. Pendapat anda sebagai ketua SSA tentang masalah surfer dari jakarta yang bekerjasama dengan surfer lokal Cimaja untuk menanam pohon di sekitar Pantai Cimaja lalu beberapa bulan kemudian pohon itu telah ditebang oleh pihak yang tidak setuju dengan upaya penanaman pohon tersebut. Apakah anda tahu apa yang sebenarnya terjadi?

Diki : Saya tahu tentang rencana tersebut, dan SSA pun sudah lama telah mencoba menanam pohon dan membuat Cimaja lebih hijau. Namun pohon-pohon yang kami tanam kadang kering dan kemudian mati. Umtuk masalah minggu lalu, sayapun tahu itu. Namun tidak ada polemik antara surfer lokal dan surfer Jakarta. Mungkin ada beberapa orang yang merasa terusik atas beberapa dukungan dari surfer jakarta terhadap kegiatan penanaman pohon yang dianggap merugikan bagi salah satu pihak di Cimaja.

Pemburu Ombak : Apakah surfer lokal Cimaja dan surfer asal Jakarta tersebut sempat membicarakan tentang rencana menanam pohon di Cimaja kepada SSA?

Diki : Ini bukan tentang surfer Jakarta yang menanam pohon di Cimaja, tapi anak Cimaja yang berinisiatif untuk menanam pohon di area pantai Cimaja dan di bantu oleh beberapa surfer Jakarta yang cinta terhadap Cimaja. Dan jelas SSA terlibat dan sangat mendukung program ini. Karena menurut kami dengan adanya pohon-pohon tersebut akan membantu menahan abrasi pantai dari ombak pasang tinggi. Juga membuat pantai terlihat lebih hijau, nyaman dan asri.

Pemburu Ombak : Bagaimana pendapat dan perasaan anda setelah tahu bahwa pohon-pohon minggu lalu di tebang oleh pihak yang tidak setuju dengan program ini ?

Diki : Hampir semua peselancar lokal mendukung program ini termasuk pemerintah desa Cimaja, dan hanya sedikit mungkin pihak yang tidak setuju misalkan orang dan tempat yang merasa terganggu dengan adanya pohon tersebut. Saya dan teman-teman disini tentunya kecewa dengan ulah pelaku yang tidak bertanggung jawab tersebut. Kami seluruh komunitas surf terutama di Cimaja tidak ada masalah dengan penanaman pohon dan semua komunitas tahu masalah ini.

 

 

 

Berikut penjelasan Diki Tentang pohon yang ditanam dipantai:


Usaha untuk menanam pohon di pantai Cimaja ini sudah kami ( para peselancar lokal) lakukan berkali kali, mungkin sekitar 4 atau 5 kali. Dan tanaman yang kami tanam setelah tumbuh dan mulai membesar pasti  mati lagi dan terus kering. Kami tidak tau apa penyebabnya, padahal tanaman yang kami tanam tersebut sudah tumbuh bagus dan mulai membesar. Sampai akhirnya kami rasa kami harus menanam pohon yang lebih besar supaya capat tumbuh dan tidak mati. Dan kami coba untuk tanam pohon waru dengan batangnya yang lebih besar, dan hampir semua pohon tumbuh dengan baik sampai akhirnya kering dan mati lagi.

Dan yang terakhir kali waktu kami menanam pohon lebih besar lagi diwaktu ada event Happy Weekend Surf Contest tahun kemarin 2014 yang dilakukan oleh teman2 komunitas juga bersama kepala desa Cimaja yang juga dibantu oleh teman2 surfer Jakarta yang Cinta dan perduli dengan Cimaja. Pohon tumbuh bagus dan sudah mulai kuat. Tapi pada minggu kemarin kami sangat kecewa sekali karena beberapa pohon yang kami tanam ada yang memotong (sekitar 3 pohon) dengan dipotong dibagian bawah dan ditanam kembali supaya tidak kelihatan bahwa pohon sudah dipotong. Hal ini diketahui karena Pada suatu pagi ada beberapa teman yang melihat keanehan pada pohon tersebut dan setelah di cek ternyata pohon sudah di potong dibagian bawah. Dan ada beberapa teman meng upload hal ini di facebook yang kemudian jadi berita yang hangat dan makin panas. Sampai akhirnya ada yang merasa bahwa kelompok tertentu sudah menuduh salah satu pihak yang melakukan hal ini untuk kepentingan tempat pribadinya.

Dan pada hari besoknya ada beberapa pohon lagi yang di tebang dengan terang terangan dan tidak dilakukan dengan cara sebelumnya. Pohon langsung di gergaji  dan dibiarkan begitu saja. Dan hal ini makin memanaskan topic pohon di facebook. Karena beberapa teman kami meng upload di facebook tentang hal ini,yang makin menjadi ramai. Sampai akhirnya ada orang yang mengaku sudah melakukan hal tersebut dan di share di facebook juga. Dan tadi pagi ada pohon lagi yang ditebang, dan dengan jelas dan terang terangan orang tersebut yang melakukannya dan menantang siapa yang berani melarangnya. Orang ini adalah salah seorang pekerja dan bodyguard dari salahsatu tempat yang memang sangat berkepentingan dengan situasi pohon tersebut.

 


 

Scroll To Top