Item terkait

Rabu, 28 Januari 2015 06:32

PANTAI DI BANYUWANGI SELATAN

Grajagan berada di kawasan seluas 314 hektar di hutan KPH Banyuwangi Selatan, terletak di desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.

 

Ada sebuah pantai di selatan Banyuwangi yang saat ini mulai dilirik oleh peselancar dalam negeri ataupun luar negeri. Pantai ini dinamakan pantai Grajagan. Meskipun tak se terkenal pantai tetangga nya seperti Pantai Pelengkung, Pulau Merah atau Pesanggaran, namun ombak di pantai ini pun tidak kalah wah nya dengan ombak di pantai lain di Banyuwangi. Grajagan terletak sekitar 52 km ke arah selatan dari Kota Banyuwangi. Posisi pantainya strategis menjadi pintu gerbang menuju ke Pantai Plengkung. Grajagan berada di kawasan seluas 314 hektar di hutan KPH Banyuwangi Selatan, terletak di desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.

Pantai berpasir hitam ini selain eksotis karena keindahan pantai nya, juga memiliki  bukit yang sangat indah dan 3 gua peninggalan tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Di pantai ini kalian akan terbiasa melihat para nelayan di pagi hari berangkat untuk mencari ikan dan pulang pada sore hari serta menurunkan hasil tangkapannya.

Untuk ombak nya itu sendiri, ombak Pantai Grajagan tidak kalah menarik dari ombak Pantai Plengkung, Alas Purwo, juga di Banyuwangi Selatan. Bedanya, ombak Grajagan cenderung pecah sebelum ke pantai. Namun ombak yang dihasilkan tetap menantang dan besar. Biasanya para surfer lokal mulai belajar surfing di pantai ini karena ciri khas ombaknya yang tidak terlalu besar dan tidak juga kecil.

Untuk akomodasi, di Pantai ini sudah tersedia homestay namun tidak begitu banyak disediakan. Harganya pun cukup terjangkau berkisar Rp.100.000,- hingga Rp.150.000,-/malam.

Untuk menuju Pantai Grajagan sangat mudah, jalannya sudah beraspal dan dapat ditempuh menggunakan mobil pribadi, sewaan, atau kendaraan umum. Diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota Banyuwangi. Lokasinya bisa dijangkau menggunakan kendaraan roda empat, bahkan bus besar. Jika kamu menggunakan kendaraan umum dari arah Kota Banyuwangi maka dapat naik bus jurusan Jember atau sebaliknya, dan turun di Benculuk, dari Benculuk perjalanan dilanjutkan naik angkutan pedesaan sekitar 12 km menuju Pantai Grajagan.

Scroll To Top