Item terkait

Jumat, 06 Desember 2013 01:01

Mengenal Surfboard

5 Hal yang harus kamu ketahui tentang surfboard

 

 

Surfing merupakan kegiatan dan olahraga yang sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Surfing telah menjadi olahraga favorit sejak dulu. Untuk memulai belajar surfing kamu memerlukan waktu yang tidak sebentar, kenapa? Karna kamu harus terus berlatih dan berlatih. Pemburu Ombak ingin memberikan informasi  tentang beberapa jenis papan selancar  untuk pemula. Nah, seperti apa penjelasannya ada dibawah ini:

1. Fiberglass atau Foam

Semua papan selancar tidak sama, baik itu dari berbentuk dan bahannya. Bagi pemula, papan yang cocok adalah papan yang terbuat dari bahan busa ( Softboard) dapat mempermudah mengapung di atas air. Busa papan selancar atau foamies biasanya diukir dari sepotong busa panjang. Papan ini tebal dan memiliki flotasi besar sehingga sangat sempurna untuk pemula. Papan ini juga lembut sehingga ketika terjatuh tidak begitu menyakitkan.Tipe seperti papan ini memiliki struktur inti terbuat dari busa di atas yang ada lapisan serat tebal kaca. Hal ini membuat mereka cukup berat namun mereka memberikan stabilitas yang baik atas air dan dapat digunakan untuk waktu yang sangat lama.

2. Panjang dan Shape

Papan selancar memiliki bermacam-macam panjang dan ketebalan . Surfboard yang panjang dan tebal akan menawarkan flotasi yang lebih baik. Surfboard ini tidak cocok untuk peselancar berpengalaman tetapi mereka adalah pilihan yang baik untuk pemula.  Pro surfer merekomendasikan bahwa pemula perlu menggunakan out pop yang tiga meter lebih panjang dari tinggi badan mereka. Papan busa dibangun dengan cara yang membuat panjangnya kurang penting tetapi umumnya orang dewasa disarankan  untuk menggunakan papan berbusa yang delapan meter panjang dan untuk anak-anak itu perlu setidaknya enam kaki panjangnya.

3. Sewa Board

Kalian bisa menyewa papan selancar dari hampir semua toko-toko surfing dan sekolah surfing, semua menyediakan persewaan papan surfboard.  Jika kalian merasa surfing hanya untuk fun dan bermain, menyewa adalah pilihan yang tepat, dan sebaliknya jika kalian merasa ingin serius belajar surfing membeli surfboard sangat disarankan, agar kalian bisa berlatih setiap hari dengan leluasa.


4. Baru atau Bekas

Kamu bisa membeli papan selancar yang digunakan untuk harga yang jauh lebih rendah dari pada yang baru. Kamu bisa dengan mudah menemukan papan selancar pemula yang baik di toko-toko surfing yang menyediakan  surfboard bekas. Kamu bisa mencari informasi surfboard bekas melalui, teman, website dan Koran.

5. Surfing Aksesoris

Papan selancar untuk pemula adalah bagian utama dari peralatan yang orang belajar olahraga akan memerlukan tetapi ada aksesoris yang dapat membantu membuat olahraga lebih aman dan lebih menyenangkan. Sebelum mendapatkan keseimbangan yang baik pada papan selancar, kamu pasti akan sering terjatuh  dan maka dari itu adalah ide yang bagus untuk memiliki tali untuk menjaga papan dan kaki kamu  tetap tershubung, namanya leg rope. Untuk memberikan traksi yang baik untuk kaki pada permukaan licin, semua jenis papan selancar dilapisi dengan lapisan lilin khusus untuk surfing di dek atas tapi foamies adalah pengecualian. Surfers mungkin perlu wetsuit untuk menjaga diri tetap hangat dan nyaman sementara saat berselancar di perairan dingin. Tapi untuk di Indonesia sepertinya tidka apa-apa jika tidak menggunakannya. Kita hanya memerlukan Rashves dan boardshort. Jangan lupa juga pakai sun block untuk melindungi kulit dari sengatan Matahari. Jadi,  sudah siap untuk belajar surfing kan.  Happy Surfing guys!

Scroll To Top