Item terkait

Kamis, 05 Desember 2013 01:10

Pantai Plengkung atau G-Land

Surga para surfer di ujung Pulau Jawa Timur

 

 

Pemandangan pantai pasir putih membentang dan bebatuan karang yang hitam, air laut jernih menambah eloknya pemandangan. Suara ombak yang besar terdengar meski dari kejauhan, inilah G-Land, surga di ujung timur Pulau Jawa!

Mendengar pantai dan ombak  kita langsung berfikir ke Bali, Lombok, atau Kepulauan Seributernyata Indonesia tidak sebatas itu saja. Masih ada G-Land, sebuah pantai indah di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur.

G-Land itu nama aslinya wilayah Grajagan. Hanya saja Bule terkadang sulit untuk menyebut Grajagan akhirnya menyebutnya G-Land. Pantai G-Land pun juga dikenal sebagai nama Pantai Plengkung. Meski begitu, rupanya yang pertama kali menemukan pantai ini justru adalah turis mancanegara.  

Butuh sekitar 10 jam untuk menuju Pantai G-Land yang secara geografis ada di bagian ujung timur Pulau Jawa ini. Rinciannya, perjalanan melalui pesawat dari Jakarta menuju Surabaya selama 1,5 jam dan jalan darat hampir 8 jam lebih lamanya. Jalan menuju ke pantai G-land belum di aspal dan masih banyak bebatuan. Hal tersebut dikarenakan letaknya yang ada di dalam Taman Nasional sehingga terjaga keasliannya.

Surf spot ini merupakan salah satu surf spot dengan ombak yang cukup besar dan mengagumkan, disaran untuk surfer yang sudah professional. Salah satu surf camp yang ada disana adalah  Joyo's Surf Camp.  G-land sudah dikenal oleh surfer Indonesia bahkan dunia, Jadi kalau kamu suka dnegan sesuatu yang baru dan menantang, kamu harus mencoba  ombak di pantai G-Land.


Scroll To Top