Item terkait

Rabu, 23 Juli 2014 00:46

Pulau Banyak, Destinasi Wajib Para Surfer

Temukan surf spot barumu di sini

 

 

Tertantang menemukan surf spot baru, maka kamu harus mencoba mengunjungi Pulau Banyak, Aceh. Pulau ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh dengan luas mencapai 27,196 hektar. Diperkirakan ada 30 – 40 pulau kecil disini yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Tentu saja masih banyak surf spot tersembunyi yang menunggu kamu temukan.

Pulau Banyak memiliki swell yang terbentuk akibat dari tekanan udara rendah yang melintasi Selatan Samudra Hindia dari Afrika Selatan menuju Australia. Swell ini terjadi lebih sering dan intens di puncak musim dari bulan April hingga Oktober tapi terkadang muncul di waktu lain meski dalam skala lebih kecil.

Pada bulan November sampai April sering terbentuk swell dengan angin barat yang membuat berselancar di area Ujung Lolok (Tuangku/Bay of Plenty) lebih menarik. Terkadang pada masa ini, terbentuk west swell akibat kondisi angin musim di belahan bumi bagian utara. Kondisi ini juga bagus untuk berselancar. 

Sejak ditemukan oleh surfer asal Australia, Marcus Keeshan, surf spot ini semakin mendunia. Ia mengemukakan kekagumannya dengan menyebut pulau ini sebagai surf spot terbaik di dunia. Ia menyukai ombak, airnya yang dingin dan jarangnya hiu berkeliaran. Terutama karena musim surfingnya yang relatif panjang.

Transportasi menuju pulau ini dapat dijangkau melalui Desa Pulo Saruk, Aceh Singkil dengan kapal feri selama 4 jam. Kamu juga bisa memilih menggunakan mobil travel atau pesawat kecil dari Kota Medan. Jika memiliki budget lebih, kamu bisa menyewa kapal agar lebih leluasa menjelajahi gugusan pulau ini.

Selain berselancar, kamu wajib mencoba snorkeling, scuba diving atau berperahu kayak untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. Di sini, kamu juga dapat menjelajah hutan, gua dan mengunjungi pusat konservasi kura-kura.

Scroll To Top