Item terkait

Senin, 10 Februari 2014 09:17

Beach Clean Up di Kuta Bali

Beberapa komunitas bersatu untuk pantai Bali

 

 

Musim hujan di wilayah Indonesia yang cukup sering mengakibatkan banjir, salah stau kota yang terkena dampak yang cukup parah adalah Jakarta. Ibukota dan kota besar di Indonesia. Banjir yang terjadi hingga mengakibatkan rumah-rumah tenggelam, hal ini dikarenakan sungai-sungai di Jakarta tidak bisa mengalir karena terhambat sampah yang menumpuk. Mulai dari sampah plastik, sampah sisa industry rumah tangga, sampai sampai organik. Ditambah lagi kiriman hujan dari Bogor seakan menambah kado derita untuk warga Jakarta. Termasuk di Pulau Bali sendiri yang menjadi wilayah pariwisata. Sampah menjadi ancaman warga masyarakat yang bermukim di Bali. Di kawasan pantai Kuta saja banyak sekali ditemui sampah plastik. Sampah plastik yang ada di Pantai Kuta ini rata-rata terdampar dari laut. Sampah tersebut kiriman dari luar wilayah Bali. Selain berasal dari laut, sampah plastik juga berasal dari wisatawan yang kurang peduli terhadap lingkungan seperti ada yang membawa bungkus makanan tidak dibuang di tempat sampah yang telah disediakan oleh pengelola Pantai Kuta.

Sebagai bentuk kepeduliaan terhadap kebersihan Pantai Kuta  beberapa Komunitas dan perusahaan bersama-sama mengadakan "Beach Clean Up" dia sepanjang pantai Kuta. Komunitas yang mengikuti kegiatan yaitu Bali Bersih dan The Bull Head sebagai organisasi yang peduli akan masalah kebersihan dan sampah. Beach Celan Up ini diadakan pada hari Minggu tanggal 9 Februari, yang dimulai dari pukul 17.00 hingga 18.30 wita. Kuta Beach Clean Up dimulai dari gapura pantai Kuta sebalah Utara (Depan The Stone Kuta). Kuta Beach Clean Up juga mengajak komunitas dan organisasi anak muda yang ada di Bali yaitu komunitas surfing Halfway Kuta Boardrider, Surfer Girl, dan Restaurant Swich Sandwich yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. selain itu komunitas yang lain antara lain; Rotaract Club of Denpasar Bali, Manchester United Indonesia Cabang Bali, 234 SC Bali, Soul Man, serta Outsider dan Lady Rose Dewata. T

Sebelum kegiatan Kuta Beach Clean Up dimulai coordinator kegiatan memberikan pengarahan kepada semua yang ikut berpartisipasi. Kemudian masing-masing peserta diberikan garbage bag untuk mengambil sampah plastik yang ada disepanjang lajur pantai Kuta.

kegiatan ini Beach Clean Up juga menarik perhatian para wisatawan asing untuk ikut berpartisipasi saat melihat rombongan anak muda yang membersihkan sampah plastik disepanjang pantai Kuta. Vokalis Superman Is Dead 'Jerinx' juga turut berpartisipasi dalam aksi Kuta Beach Clean Up. Sampah-sampah plastik yang berhasil dikumpulkan kemudian dibawa oleh tim Eco Bali Recycle yang akan mengolah sampah plastik menjadi barang daur ulang yang bermanfaat. Hal ini adalah contoh yang baik, dimanapun kita berada kita harus peduli dengan lingkungan.

Scroll To Top