Item terkait

Minggu, 06 Desember 2015 00:00

Kontra pembangunan pelabuhan regional

Pembangunan pelabuhan regional dikecam keras oleh komunitas surfing..

Pemerintah segera membangun pelabuhan regional di pusat wisata Pelabuhan Ratu tepatnya di pantai Karangsari. Bagi komunitas surfing di Pelabuhan Ratu sendiri keputusan pemerintah ini dinilai kurang tepat. Pasalnya pantai Karangsari memiliki ombak yang sudah banyak dikenal turis baik lokal maupun internasional. Tidak hanya untuk surfing, pantai ini juga merupakan patokan wisata bagi para wisatawan yang datang ke Pelabuhan Ratu.

Menurut Ketua Sukabumi Surf Community (SSC) Iman Ambon, "saya merasa sedih ketika mendengar pemerintah membangun project di Pantai Karang Pamulang. Padahal, lokasi itu merupakan objek wisata minat khusus. Seharusnya pemerintah melakukan penataan dan memperindah, bukan disulap menjadi pelabuhan regional"

Iman Ambon sangat menyayangkan tindakan pemerintah yang kurang menimbang matang keputusan penggusuran pantai Karangsari yang ingin dirubah menjadi Pelabuhan ini. Terlebih selain sebagai lokasi favorit masyarakat untuk surfing, pantai ini juga sebagai tempat bermain anak-anak dan orang dewasa dari Palabuhanratu. Hampir setiap hari masyarakat lokal bermain sepak bola dan berenang di Pantai ini. Menurut Iman masih banyak spot lain yang masih sepi yang bisa dijadikan pelabuhan seperti di Pantai Cipatuguran, Loji, Gado Bangkong, dan Citepus Muara, karena dilokasi tersebut jarang didatangi turis lokal, domestik, dan mancanegara.

Ombak Karangsari kerap mengundang turs mancanegara karena memiliki back wash (ombak balik ke tengah) setaraf dengan standar internasional. Jadi sangat disayangkan sekali, dengan pembangunan ini Pelabuhan Ratu akan kehilangan beberapa persen turis yang seharusnya datang.

Komunitas surfing pelabuhan ratu bukan tidak mendukung pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Mereka tahu bahwa pelabuhan ini sangat penting bagi kemajuan Pelabuhan Ratu sendiri. Namun komunitas surfing hanya memohon agar pemerintah tidak merusak pantai krangsari. Akan tetapi sekeras apapun mereka mengecam keputusan ini, semua akan terus berlanjut, pantai Karangsari akan segera tinggal kenangan.

 

 

Scroll To Top