Item terkait

Sabtu, 19 September 2015 10:23

MENYELAMATKAN HEWAN DARI KEPUNAHAN DI WANA RISET SAMBOJA

Sebagai tempat perlindungan, penelitian bagi hewan yang hampir punah.

Wana Riset Samboja merupakan tempat untuk pengawasan dan rehabilitasi hewan langka yang dilindungi, seperti orang utan. Saat ini populasi orang utan di Kalimantan sudah mulai menurun, sehingga salah satu lokasi rehabilitasi berada di Wana Riset Samboja. Di lokasi ini dilakukan pengawasan dan rehabilitasi secara ketat terhadap kelangsungan hidup hewan yang dilindungi tersebut sebelum akhirnya di lepas kembali di habitat aslinya. Tempat rehabilitasi ini sekaligus juga menjadi pusat penelitian kehidupan hewan yang dilindungi tersebut. Pengelola Wana Riset Samboja adalah Loka Litbang Satwa Primata, UPT Departemen Kehutanan Pusat.

Disini orang utan berkumpul untuk dilindungi dan dalam pengawasan rehablitasi yang amat ketat sebelum mereka dilepaskan ke habitatya. Wana riset yang berada sekitar 10 kilometer dari Pusat Latihan Tempur Amburawang milik Kodam VI/Tpr itu lebih dikenal dengan sebutan Samboja Lodge. Kawasan perlindungan orangutan dan rehabilitasi serta pengembangan proyek penelitian dan program pembangunan untuk melestarikan hutan liar di Kaltim benar-benar menarik. Kita juga dapat melihat orangutan di pulau 5 dan 6. Pulau 5 diisi orangutan yang sehat dan pulau 6 khusus untuk orangutan yang terkena hepatitis dan penyakit lainnya.

Wah, semoga dengan adanya Wana Riset ini populasi orangutan tidak terus menurun ya :)

 

Wana Riset samboja adalah tempat berkumpulnya Orang Hutan yang dilindungi, dan dalam pengawasan rehabilitasi yang dimonitor dengan amat ketat sebelum dilepaskan kembali ke habitat aslinya

Sumber :http://www.tipswisatamurah.com/2014/01/tempat-wisata-terbaik-di-kaltim-yang.html
Copyright: tipswisatamurah.com | tips wisata murah : home
Scroll To Top