Item terkait

Senin, 15 Jun 2015 15:48

BERPUASA BUKAN BERARTI BERHENTI BEROLAHRAGA

Surfing saat berpuasa? kenapa tidak !

 

Marhaban Ya Ramadhan.. Seluruh umat muslim di dunia menyambut bulan suci Ramadhan penuh dengan kebahagian yang tiada tara, bagaimana tidak bulan Ramadhan merupakan satu-satunya diantara bulan yang terkandung didalamnya hikmah, ampunan dan berkah. Berbagai kegiatan banyak dilakukan guna mendapatkan pahala yang berlipat ganda, mulai dari Sholat Tarawih, Tadarus, Pesantren, Bakti Sosial, Buka Bersama Anak Yatim, serta hal positif lainnya yang dilakukan selama bulan suci Ramadhan. Amalan-amalan shaleh yang sudah pasti akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda, bukan hal yang tabu untuk dilakukan disaat puasa Ramadhan.

Dengan menjalankan ibadah puasa bukan berarti tidak melakukan apa-apa, untuk kebugaran dan kesehatan jasmani selama menjalankan ibadah puasa, tidak ada salahnya melakukan olahraga supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Berpuasa bukan berarti kita berhenti beraktivitas dan bermalas-malasan. Olahraga tetaplah penting untuk tubuh kita.

beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan selama berpuasa antaralain :

1. Joging, dengan melakukan joging selama berpuasa, sangat baik untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Joging yang dilakukan dipagi hari tidak akan menimbulkan haus yang berlebihan, hal tersebut dikarenakan kondisi tubuh masih dalam keadaan segar.

2. Bersepeda, merupakan olahraga alternatif selain joging yang juga dapat dilakukan selama berpuasa. Dengan bersepeda dipagi hari akan menjaga setamina tubuh selama berpuasa.

3. Jalan cepat, bagi yang tidak ingin melakukan kedua hal diatas, jalan cepat termasuk pilihan lain olahraga pagi yang cukup ringan untuk dilakukan ketika berpuasa bersama orang terdekat.

4. Sit up dan push up, olahraga tambahan pagi hari saat puasa. Untuk melengkapi kegiatan olahraga pagi, lakukan sit up atau push up secukupnya agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Nah, bagaimana dengan surfing ? kira-kira cocok gak ya dilakukan saat berpuasa?

Surfing adalah termasuk olahraga yang cukup berat, tapi selama surfing tentunya kalian berada didalam air dan itu tidak lebih berat daripada kalian melakukan olahraga berat lainnya seperti sepak bola, tenis ataupun bulutangkis. Tips dari kami pemburuombak.com, jika kalian ingin tetap surfing dikala sedang berpuasa, baiknya melakukan surfing di pagi hari disaat kalian masih bugar, atau surf di sore hari sebelum berbuka puasa. Kedua waktu ini membantu kalian dapat melakukan surf tanpa membatalkan puasa :) Kami menganjurkan untuk melakukan olahraga berat lainnya pun baiknya dilakukan pada jam yang sama yakni pagi hari atau sore hari.

Sebagian orang tidak menyadari bahwa terdapat rahasia manfaat olahraga selama puasa. Dengan melakukan olahraga setelah sahur dan sebelum berbuka, tubuh akan tetap sehat dan bugar sehingga aktifitas tidak akan menurun walaupun sedang berpuasa. Sebagai pendukung semua kerja sistem dalam tubuh, perbanyak minum air putih ketika berbuka. Banyak minum air putih sangat baik sekali untuk kesehatan dan kebugaran, dimana selain pendukung kerja sistem dalam tubuh, air dapat membantu mengeluarkan toksin serta mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh.

Hilangkan pemikiran tentang berolahraga saat puasa hanya akan menambah rasa haus, lelah dan lapar. Dengan berolahraga yang tepat dan teratur serta ditunjang dengan mengkonsumsi air putih, tubuh akan terhindar dari rasa lemas serta kebugaran dan kesehatan tetap terjaga. Jauhkan rasa malas selama berpuasa, guna meningkatkan amal ibadah selama puasa di bulan suci Ramadhan tahun ini, mulailah berolahraga supaya tetap sehat ketika berpuasa sampai menjelang hari kemenangan Idul Fitri.


 
Keep Healthy guys :)
 

 

Scroll To Top