Item terkait

Rabu, 10 Jun 2015 23:05

INTERVIEW : SURFER MUDA RODHIVA WAHYU

Muda dan gemar melakukan hal hal yang menantang.

 

Kali ini Pemburu Ombak ingin memperkenalkan sahabat kami dari Yogyakarta yang begitu gemar surfing. Berikut perbincangan kami dengan sosok muda asal Yogyakarta ini.

 

Beritahu kepada para pembaca Pemburu Ombak sedikit tentang kamu :)

Nama saya Rodhiva Wahyu Widho Santosa, sedikit agak panjang ya :) tapi teman-teman biasa panggil saya Uyuk. Saya berumur 13 tahun, lahir tepatnya pada tanggal 14 Juli 2002. Dan saya tinggal di Parangtritis - Yogyakarta.

 

Sejak kapan kamu memulai surfing dan kenapa menyukai olahraga ini ?

saya mulai surfing sejak saya kelas 4 SD dan sekarang saya kelas 2 SMP. Jadi sekitar kurang lebih 4 tahun lalu. Guru surfing pertama saya dulu bernama om Pesek yang merupakan teman dari ayah saya. Lalu saya juga diajari surfing oleh senior- senior diparangtritis. saya suka surfing karena surfing itu menurut saya indah dan olahraga yang keren, membuat badan jadi sehat, membuat kita memiliki banyak teman dan termasuk olahraga yang menantang dan kebetulan saya senang melakukan sesuatu yang menantang. Selain surfing, kegiatan menatang yang lain seperti  naik motor tril dan panjat tebing juga saya lakukan.

 

Spot mana saja yang kamu pernah datangi?

 

Kalau di Yogya, selain di Parangtritis saya senang surf di Krakal, Wedi Ombo dan Watu kodok,...tapi paling sering ya di Parangtritis karena dekat rumah. selain di Yogya,sering juga saya dan teman-teman mengadakan Trip ke Pacitan,disana kalau surf kadang sama kak Salini Rengganis,diajak ke Pancer, Watukarung, Srau, Telengria dan lain-lain. Saya juga sering ke daerah Cilacap atau kebumen,sering kita main di Menganti, Widara Payung dan high reef. beberapa kali juga ke Bali, biasanya main di Padma beach ,uluwatu, atau kuta.

 

Spot mana yang paling jadi favorit kamu?

Saya paling senang kalau surfing di Batukaras, ombaknya panjang banget dan bagus. Teman-temanya disana juga asik banget, banyak pro surfer juga jadi lebih bisa belajar dari mereka. Tapi sebenarnya saya seneng semua ombak kok.

 

Apa cita-cita kamu dalam surfing ?

Cita-cita saya...semoga kelak saya bisa melakukan sesuatu untuk surfing Yogya bahkan untuk Indonesia. Mau dapat sponsor dan ada yang buatin papan buat saya agar bisa meringankan beban ayah saya juga. Soalnya kadang saya kasihan sama ayah saya kalau pas lagi tidak ada uang terus kebetulan ada kontes dan terpaksa nyari dana kesana kemari...kadang sedih.

 

Apa arti surfing bagi kamu ?

Intinya urfing berarti sekali buat saya, saya ngga tahu kenapa, tapi saya cinta banget sama surfing. sekarang saya disupport oleh STARCROSS, dan saya berterima kasih sekali alhamdulillah sedikit bisa membantu beban ayah saya. Saya sangat berterima kasih kepada mas Tebonk atas dukunganya, apapun bentuknya, starcross sangat membantu saya.

 

Apa arti lautan bagi kamu ?

Arti lautan sangat besar bagi saya dan keluarga saya, makanya saya sangat menghargai laut, disamping surfing, kedua orang tua saya terutama ayah saya bekerja dilaut. Beliau kalau ada waktu luang sering melaut untuk mencari ikan baik untuk lauk sendiri atau juga kadang untuk dijual.

 

Pernah ikut dan menjuarai kompetisi surfing ?

Saya ikut hampir semua kompetisi surfing di Yogya sejak tahun 2011, dan beberapa kali juga naik podium, yang paling terakhir saya juara 2 Rip curl Groom Search 2015 diKrakal di under14 Division. Beberapa kali juga ikut kontes di Bali tapi belum bisa berada di podium.

 

Siapakah surfer favorit kamu ?

Saya suka Gabriel Medina karena manuver-manuvernya bagus. Dan saya juga suka Kelly Slater.

 

Pesan untuk para pembaca Pemburu Ombak.

Pesan saya buat pembaca yang mau mecoba surfing,...jangan takut surfing, jangan takut mencoba, jangan takut hitam...karena surfing itu bisa menyatukan kita dengan alam dan membuat kita menghargai alam dan semua ciptaan Tuhan. Dan satu lagi, saya selalu ingat nasehat dan kata-kata mendiang pak uwo (kakek saya)...bahwa apapun yang kita senangi,kalau kita serius,pasti akan menghasilkan sesuatu...dan jangan pernah berbohong dengan keadaan apapun...jujur saja meski itu baik atau buruk, karena itu yang akan membuat hidup kita berwarna. Semoga bisa berguna buat teman-teman semua...salam.

 

 

 

 

Scroll To Top