Item terkait

Rabu, 06 Mei 2015 00:31

MAU COBA SURFING TAPI PUNYA AQUAPHOBIA ?

Mengatasi Aquaphobia dimulai dari diri sendiri.

 

Tahukah kalian apa arti dari Aquaphobia? Aquaphobia ialah sikap seseorang yang trauma atau takut terhadap air. Ini adalah Fobia umum yang berkaitan dengan air atau tenggelam. Apakah ada diantara kalian yang ingin mencoba surfing tapi berkendala karena kalian takut air/laut? Kali ini pemburuombak.com akan membahas tentang penyebab dan cara menghilangkan aquaphobia.

Mungkin diantara kalian ada yang belum sadar jika kalian memiliki aquaphobia. Misalkan ketika kalian sedang di pantai, kalian begitu bersemangat dan ketika kalian mencoba berenang atau menyentuh air, tiba-tiba perasaan takut datang menghinggapi kalian dan seketika kalian begitu cemas. Nah pengalaman seperti ini sudah termasuk dalam kategori Aquaphobia. Intinya Aquaphobia memberikan sinyal kegelisahan ketika kalian masuk ke dalam air atau laut, sungai dsb.

Penyebab Aquaphobia bisa datang dari beberapa faktor. Seperti trauma masa kecil, pernah hampir tenggelam (meskipun hanya di kolam renang), pernah mengalami bencana banjir, mimpi tenggelam dan mati, atau terlalu sering menonton film tentang predator laut, dll. Lalu, bagaimana bisa seseorang yang memiliki Aquaphobia melakukan surfing atau melakukan aktivitas air lainnya? Nah, pertanyaan ini mungkin memang agak sulit untuk dijawab. Namun selalu ada cara untuk mengatasi ketakutan apapun itu termasuk Aquaphobia.

Ada banyak terapi untuk mengatasi Aquaphobia. Cobalah atasi rasa takut dari diri kalian sendiri. Bangun kepercayaan diri dan mengambil langkah-langkah kecil dalam mengatasi fobia air ini. Misalnya kalian bisa coba untuk memulai berjalan kaki di pinggir pantai secara bertahap dari mencelupkan hanya sampai batas mata kaki hingga membenamkan badan sampai batas leher. Coba Pahami istilah 'MENGAPUNG' yang akan membantu kalian untuk tetap bertahan dan tidak tenggelam jika kalian benar-benar paham bagaimana cara mengapung. Dan cobalah untuk berlatih renang, dimulai dari kolam yang cetek hingga ke yang dalam. Belajarlah untuk menghadapi ketakutan kalian dimulai dari cara-cara simpel yang baru saja kami sebutkan, dan kemudian cobalah beranikan diri kalian untuk mencoba surfing atau aktivitas/olahraga air lainnya :)

 

Scroll To Top