Item terkait

Selasa, 28 April 2015 00:00

MANFAAT HIU BAGI LAUTAN

Mengapa hiu berperan penting bagi lautan kita ?

Jika kalian mendengar kata 'Hiu' pasti yang terlintas di benak kalian adalah binatang yang sangat buas, ganas dan menyeramkan. Tapi tahukah kalian bahwa Top predator di lautan ini berperan penting bagi kelautan kita? Kali ini pemburuombak.com akan mengulas betapa pentingnya peran Hiu dalam kelestarian kelautan kita yang tentunya berdampak baik bagi manusia.

Hiu merupakan hewan laut yang sangat dilindungi, karena mirisnya kini populasi hiu semakin berkurang. Maraknya nelayan yang menangkap Hiu dan memanfaatkan siripnya yang berharga mahal adalah salah satu faktor utama menipisnya populasi hiu. Padahal Hiu sangat bermanfaat bagi kelangsungan ekosistem laut. Salah satu contohnya adalah Hiu yang merupakan predator yang memangsa ikan pemakan kerang-kerangan seperti ikan pari. Penurunan spesies hiu dilaut akan berakibat meningkatnya spesies ikan pemakan kerang-kerang dibawah laut. Pergantian spesies ini tidak hanya berakibat terhadap hilangnya hiu sebagai top predator, tetapi laut sebagai habitat juga akan berubah. Karena  ikan pari akan memperluas perburuannya dan akan menggangu habitat lain, seperti kerang-kerangan yang berfungsi sebagai biofilter di laut yang berfungsi mejernihkan perairan laut.

Hiu umumnya adalah “apex predator” atau top predator pada ekosistem mereka karena mereka hanya memiliki sedikit pemangsa alami. Sebagai top predator, Hiu memangsa hewan-hewan dibawahnya pada jaring makanan, membantu mengatur dan menjaga keseimbangan ekosistem lautan. secara ekologis, hiu akan memangsa ikan lain yang sakit atau tua dan lemah. Perilaku ini membuat fungsi keberadaan hiu di ekosistem perairan laut dan terumbu karang menjadi vital. Hiu secara langsung membatasi populasi dari mangsanya, yang mengakibatkan meregulasi spesies yang menjadi makanan mangsa hiu tersebut, dst. Makanan dari kebanyakan pemangsa utama cukup beragam. Ini mengizinkan pemangsa utama untuk berganti mangsa saat populasi mangsa tertentu rendah, sehingga mengizinkan spesies yang menjadi mangsa hiu tetap ada.

Hiu tidak hanya mempengaruhi dinamika populasi dengan mengkonsumsi mangsanya, tetapi mereka juga mengendalikan distribusi spasial dari potensi mangsanya dengan intimidasi. Ketakutan akan dimangsa oleh hiu menyebabkan beberapa spesies mengubah penggunaan habitat dan tingkat aktivitasnya, menyebabkan perubahan pada jumlah yang banyak pada lower trophic level. Predator utama mempengaruhi hewan lain dengan efek berantai pada ekosistem, yang akhirnya mempengaruhi struktur komunitas.

Satu lagi yang perlu kalian ketahui Dengan berkurangnya populasi Hiu, berdampak populasi ikan lain seperti ikan tuna dan kerapu yang menjadi mangsa hiu akan meningkat. Hal ini mungkin tampak ‘menggiurkan’. Akan tetapi, hal ini justru yang menjadi masalah. Peningkatan populasi tuna dan kerapu akan mengacaukan rantai makanan. Populasi mangsa yang ada di bawah tuna dan kerapu akan habis dalam waktu singkat dan pada akhirnya populasi kedua ikan tersebut juga akan punah akibat tidak adanya makanan. Dengan kata lain, ekosistem tersebut mengalami collapse (keruntuhan). Nah kalau sudah runtuh ? Manusia makan apa ?

Itulah penjelasan dari kami tentang fungsi Hiu bagi lautan dan manusia :)

 

 

Salam Pemburu Ombak :)

Scroll To Top