Item terkait

Minggu, 26 April 2015 00:00

CERMIN POSITIF DARI PUTERI PARIWISATA INDONESIA

Menanam bibit mangroove serta membersihkan pantai.

Puteri Indonesia yaitu pemilihan wanita Indonesia yang pintar, Cantik, berwawasan dan berkepribadian menarik. Salah satu kategorinya ialah Puteri Pariwisata. Di tahun 2015 ini terpilih Puteri Pariwisata yang berasal dari Ternate bernama Gresya Amanda. Wanita berwawasan luas ini adalah mahasisiwi di STIE Eben Haezer Manado. Selain cantik, Gresya juga peduli terhadap lingkungan jauh sebelum ia terpilih menjadi Puteri Pariwisata 2015. Terlebih kini jalannya dalam melestarikan lingkungan didukung oleh gelarnya sebagai Puteri Pariwisata serta dukungan dari yayasan Puteri Indonesia.

Baru-baru ini Gresya berkunjung ke beberapa pantai di daerah Jawa Timur. Ia berkunjung ke Pantai Payangan, Jember. Disana Gresya melakukan kegiatan menanan bibit mangrove rhizophora bersama-sama dengan Finalis Gus dan Ning Jember 2015 serta KUB Lumba - lumba Jember. Seperti yang kita semua tahu bahwa kawasan mangroove sampai kapanpun akan selalu berkaitan dengan kebutuhan manusia yang tercakup dalam fungsi fisik, kimia, biologi, ekonomi dan winawisata.

Fungsi fisik kawasan mangrove adalah sebagai berikut.
- Menjaga garis pantai agar tetap stabil.
- Melindungi pantai dan tebing sungai dari proses erosi atau abrasi, serta menahan atau menyerap tiupan angin kencang dari taut ke darat.
- Menahan sedimen secara periodik sampai terbentuk lahan baru.
- Sebagai kawasan penyangga proses intrusi atau rembesan air laut ke darat, atau sebagai filter air asin menjadi tawar.

Fungsi kimia kawasan mangrove adalah sebagai berikut.
-  Sebagai tempat terjadinya proses daur ulang yang menghasilkan oksigen.
-  Sebagai penyerap karbondioksida.
-  Sebagai pengolah bahan-bahan limbah hasil pencemaran industri dan kapal-kapal di lautan.

Secara ekonomi Kawasan mangrove merupakan sumber devisa (pendapatan), baik bagi masyarakat, industri, maupun bagi negara. Adapun fungsi ekonomi kawasan mangrove sebagai sumber devisa adalah sebagai berikut.
- Penghasil kayu, misalnya kayu bakar. arang, serta kayu untuk bahan bangunan dan perabot rumah tangga.
- Penghasil bahan baku industri, misalnya pulp, kertas, tekstil, makanan, obat-obatan, alkohol, penyamak kulit, kosmetika, dan zat pewarna.
- Penghasil bibit ikan, udang, kerang, kenning, telur burung, dan madu.
Fungsi lain (wanawisata) kawasan mangrove antara lain adalah sebagai berikut.
- Sebagai kawasan wisata alam pantai dengan keindahan vegetasi dan satwa, serta berperahu di sekitar mangrove.
- Sebagai tempat pendidikan, konservasi, dan penelitian.

Kegiatan Gresya tidak hanya berhenti sampai disitu. Ia juga berkesempatan berkunjung ke Pantai Papuma yang berada di pesisir selatan Jawa Timur. Di Pantai Papuma Gresya melakukan Beach Clean Up yang juga kembali di dukung oleh finalis Gus dan Ning Jember serta masyarakat sekitar. Mereka bersama-sama membersihkan sampah yang ada di sekitar pantai. Gresya berharap seluruh masyarakat di Indonesia bisa lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan pantai dan ia sangat menginginkan adanya gerakan Beach Clean Up di setiap pantai. Langkah Gresya dalam menanam bibit mangroove dan menggerakkan pembersihan pantai ini sangatlah positif. masyarakatpun harus ikut berpartisipasi dalam perlindungan, pengelolaan, dan pengembangan langkah ini.

 
Scroll To Top