Item terkait

Selasa, 21 April 2015 09:35

SIAPA SUKA AIR KELAPA ?

Air kelapa memiliki segudang manfaat, percaya ?

Buat kalian para Pemburu Ombak tentunya gak asing dong dengan buah yang mengandung banyak air ini ? Ya, Kelapa.. yang sering kita temui banyak dijajakkan di hampir seluruh pantai Indonesia dengan harga yang amat sangat terjangkau. Yang kami bicarakan bukan harganya, tapi manfaat dari si buah ini. Selain rasanya yang segar dan manis, ternyata ia juga menyimpan segudang manfaat yang penting untuk tubuh manusia. Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh memang sangat banyak sekali, Umumnya orang-orang mengetahui air kelapa bermanfaat untuk menceggah dehidrasi.

Kandungan buah kelapa :

- Vitamin C

- Asam nikotinat

- Asam Pantotenat

- Biotin

- Riboflavin

- dan Asam Folat

 

Nah, kini mari kita simak manfaat tersembunyi dari Air kelapa :)

Menghilangkan dehidrasi - Manfaat Air kelapa memang dikenal luas untuk menggantikan mineral dan cairan yang hilang selama kegiatan fisik seperti surfing atau olahraga. Keseimbangan elektrolit dan plasma di air kelapa dalam beberapa penelitian digambarkan hampir sama dengan darah. Dengan demikian air kelapa setelah surfing atau olahraga akan sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh - Air kelapa ini bisa kita katakan sebagai air super, ia sangat kaya nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin & piridoksin, dan folat. Air kelapa memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus seperti flu.

Baik untuk pencernaan - Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya. Enzim ini membantu untuk mempermudah pencernaan dan metabolisme tubuh. Air juga memiliki lebih mineral seperti kalsium, mangan dan seng seperti buah-buahan termasuk jeruk. Air kelapa juga merupakan sumber dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, pyridoxine, dan folat.

Antioksidan -Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini. Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.

 

Walaupun telah banyak studi yang mengatakan bahwa air kelapa memiliki kandungan natrium baik seperti minum minuman olahraga komersial, tentu konsumsi harus dibatasi dan sewajarnya ya.  Berikut adalah beberapa tips konsumsi air kelapa untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

- Konsumsi 1/2 gelas di pagi atau siang hari untuk dewasa. Utamakan minum setelah berolahraga atau surfing.

- Jangan konsumsi pada malam hari sebelum tidur karena cairan ini mudah diserap tubuh dikhawatirkan akan mengakibatkan timbunan glukosa.

- Air kelapa juga memiliki kandungan kalori, jadi jangan meminum air kelapa setiap hari secara berlebihan.

 

Manfaat air kelapa akan kita peroleh secara maksimal apabila kita mengalami kekurangan ION atau dehidrasi. Konsumsi air ini akan segera mengembalikan cairan yang keluar dari dalam tubuh kita. Pas banget kan buat kalian yang lelah setelah sesi surfing minum air kelapa dijamin langsung segar dan fresh kembali :)

 

Keep Healthy..Keep Surfing !!

 

 

 

Scroll To Top