Item terkait

Kamis, 04 Desember 2014 18:54

AFRIKA SELATAN TES UJI ALAT PENGHALANG SERANGAN HIU

Para ilmuwan di Afrika Selatan menggunakan kabel bawah laut elektronik untuk mengusir hiu

 

Para ilmuwan di Afrika Selatan menggunakan kabel bawah laut elektronik untuk mengusir hiu dalam percobaan melindungi perenang dan peselancar tanpa merugikan hewan laut atau merusak laut. Para peneliti di KwaZulu-Natal Shark Board memasang Sekitar 100 meter kabel panjang ditempatkan di dasar laut dan akan memancarkan aliran elektronik frekuensi rendah yang telah terbukti bisa mengusir predator. Dan Hiu lebih sensitif terhadap medan listrik daripada hewan lain karena hiu memiliki electroreceptor di hidung mereka yang membantu mereka berburu dengan mendeteksi kontraksi otot mangsa mereka.

Metode ini sedang diuji coba di Teluk Gencairn pantai Cape Town, dimana hiu sering muncul disaat musim panas. Para peneliti akan mengamati hasil selama 5 bulan sebelum memutuskan apakah praktek akan diperpanjang. Jika berhasil technologi ini akan dikembangkan lagi oleh para ahli menjadi perangkat portabel yang disebut "Hiu Pod" yang menghasilkan medan elektromagnetik untuk melindungi penyelam atau peselancar. Penelitian menunjukan bahwa hiu berpaling ketika mereka menemukan arus listrik. Hiu sensitif di sekitar mata, insang, dan hidungnya. Peneliti mengungkapkan bahwa teknologi ini tidak akan merugikan manusia jika menyentuh alat ini karena hanya akan menghasilkan sensasi kesemutan. Dan jika berhasil, teknologi ini dapat digunakan di seluruh dunia.

Sebelum metode ini ditemukan, sekitar tahun 2006 pernah dilakukan cara mengantisipasi hiu dengan memasang jaring hiu di sepanjang pantai Afrika Selatan selama lebih dari 5 dekade, tetapi telah di kritik karena menyebabkan kematian hiu dan hewan laut lainnya karena terjebak di jaring. 470 hiu pertahun antara 2006-2010.

Scroll To Top