Item terkait

Senin, 24 Agustus 2015 14:15

Google memperingati hari kelahiran Duke Kahanamoku

Ada apa dibalik lambang Google hari ini?

 

Hari ini 24 Agustus 2015, jika kalian pergi ke Google.com kalian akan menemukan simbol wajah seseorang dengan papan surf serta bunga bunga. Mengapa demikian? Simbol tersebut bukanlah tanpa alasan, melainkan sebagai bentuk partisipasi Google dalam memperingati hari kelahiran surfer legendaris Duke Kahanamoku.

Nama Duke Kahanamoku mungkin masih awam di telinga masyarakat Indonesia, namun jika kalian Pemburu Ombak sejati, tentunya kalian tahu siapakah dia. Kahanamoku tercatat sebagai surfer legendaris asal Hawaii. Ia bukan hanya sekedar seorang surfer, namun juga seorang atlet renang dan pernah mendapatkan medali emas di Olimpiade sebanyak 5 kali. Duke meninggal di tahun 1968 karena serangan jantung.

Sejak muda, Kahanamoku sudah menunjukkan talenta hebatnya. Terbukti, di umur 20an atau tepatnya pada tahun 1911, dia sukses memecahkan 3 rekor dunia renang gaya bebas. Padahal saat itu adalah kali pertama dia ikut kompetisi resmi tingkat dunia. Setelah itu, Kahanamoku menjadi tim perenang olimpiade Amerika di tahun 1912. Salah satu tekniknya yang terkenal adalah 'Tendangan Kahanamoku' yang membuatnya memecahkan rekor waktu di renang 100 meter gaya bebas saat Olimpiade Stockholm.

Nama Duke dikenang juga karena Duke adalah sosok yang membawa surfing bisa sepopular sekarang. Bagi orang Amerika, Kahanamoku banyak disebut sebagai penemu surfing. Meskipun tidak benar-benar menemukan olahraga air ini, Kahanamoku lah yang mempunyai andil terbesar memperkenalkan surfing di Amerika. Berbekal kepopuleranya di dunia renang, Kahanamoku dengan mudah menyebarkan 'virus' surfing ke berbagai pantai Amerika, bahkan hingga sampai ke Australia dan Selandia Baru. Sosoknya juga mudah dikenali dengan papan surfing raksasanya.

Duke juga disebut sebut sebagai superhero. mengapa ? Suatu ketika di tahun 1925 Duke sedang berselancar, tiba tiba ia melihat kapal nelayan terhantam ombak dan tenggelam. Hebatnya Duke menyelamatkan 8 dari 12 orang nelayan yang berada disana. Aksi tersebut sontak menggegerkan bumi dan menganggap kejadian itu dengan sebutan penyelamatan oleh manusia Super.

Duke juga dikenal sebagai Pahlawan bagi Hawaii, Sekarang Hawaii sudah termasuk dalam negara bagian di Amerika, dan hal itu tidak lepas dari peran Kahanamoku. Sebagai seorang peselancar, tentara, dan politisi, pria yang terkenal dengan senyum khasnya itu berhasil membawa budaya Hawaii ke Amerika.

Bahkan, Kahanamoku juga diplot sebagai 'ambassador' dari Hawaii yang bertugas memperkenalkan pulau eksotis itu ke dunia. Berkat semua hal itu, akhirnya pemerintah Amerika menjadikan Hawaii sebagai negara bagian di tahun 1959.

Sebagai ucapan terima kasih, pemerintah Hawaii membangun sebuah patung tembaga dari Kahanamoku di Wakiki.

 

Scroll To Top