wolesjakarta.com wolesjakarta.com

Item terkait

Rabu, 20 November 2013 14:28

Tidak Ada Ombak? Jangan Bingung!

10 Hal Menarik yang bisa dilakukan saat saat tidak ada Ombak

 

Ada saat di dalam hidup seorang surfer yang sangat menyebalkan dan membosankan. Itu adalah saat ombaknya jelek, kecil, atau tidak ada sama sekali. Eits, tapi harus bijak dan pintar dalam menggunakan waktu atau kamu akan merasa banyak waktu yang terbuang dengan aktivitas tak berguna. Daripada duduk aja dan menggila, lebih mencari hiburan sambil menunggu kondisinya berubah!


1. Bermain Skate- Emang tidak ada olahraga extreme yang terasa sama seperti surfing, tapi jika saat tidak ada ombak yang paling mirip adalah skate. Kalau belum bisa main skate ini saatnya untuk latihan! Salam satu jenis skate yang paling mirip dengan surfing namanya “longboard skate.” Papan yang di pakai untuk longboard skate lebih panjang dengan roda yang lebih besar agar dapat bermian menggilir saat membelok kiri-kanan.


2. Membersihkan Pantai- Banyak komunitas surfing di Indonesia sudah mulai “beach clean” (membersikan pantai bersama-sama). Surfer pastinya menghabiskan banyak waktu di pantai, dan sangat tidak nyaman jika ada banyak sampah di mana-mana. Dari pada stres tanpa kerjaan, lebih baik membuat event bersama teman-teman yang juga peduli akan kebersihan tempat berlindung surfer. Sayangilah bumi kita. Benar ?


3. Mengajar- Saat ombaknya terlalu kecil untuk kita yang sudah bisa surfing, ombaknya masih dapat di pakai oleh pemula terutama anak-anak. Berat badannya grommet (anak kecil yang suka main surfing) membuat dia ringan di air untuk menangkap ombak yang kecil. Ombak kecil juga mengurangi rasa takut  bagi kamu yang baru belajar.

 
4. Berolahraga- Pagi, siang, malam, lapangan basket selalu bisa di pakai! Walau bukan surfing, olahraga lain masih bisa membantu dengan stamina dan kesehatan. Surfer yang banyak berolahraga  akan berefek pada pernafasan, bernafas lebih enak dan lebih kuat otot nya. Nafas sangat penting untuk surfing dan selalu di hargai saat ada masalah di air. Sayangi jantung dan paru-paru mu!


5. Buat Petanda- Melepaskan sisi kreatif mu! Banyak hal menarik yang menunggu diciptakan oleh orang yang punya kemauan. Ide pertama: “Petanda Local.” Banyak pantai di Indonesia yang di kunjungi oleh orang yang belum terbiasa dengan kebudayaan Indonesia. Kadang ada juga yang suka “droping” (mencuri ombaknya orang lain). Sebagai local buatlah tanda tentang aturan  dalam surfing, agar semuanya di menghormati. Ide kedua: “Tanda Bahaya.” Di Indonesia, terlalu sering ada yang tenggelam karena orangnya tidak menyadari tempat tersebut berbahaya. Jika ada pemberitahuan sejak dini maka hal tersebut dapat ditanggulangi.

6. Cat Papan- Surfer pasti mencintai papannya sendiri. Setiap bentuk papan pasti unik, dan merasa berbeda dari papan yang lain. Jika papan di cat, papan tersebut dapat menyesuaikandengan pemiliknya. Tidak ada aturan, tapi pastikan catnya tidak akan terkelupas di air.


7. Nikmati Pemandangan Baru- Walau semua surfer cinta pantai, terkadang mereka juga berminat untuk mencari suasana baru. Pergi dan mendaki gunung bersama teman-teman di udara dingin. Jika tidak suka tidur di udara terbuka, pergi ke kota besar yang ada banyak hiburan dan pariwisata. Kunjungi tempat yang jauh dari pantai agar mereka tidak merasa di lupakan.


8. Main music- Lautan datar selalu sedikit lebih baik saat ada musik yang santai dan gembira. Membakar ikan dan bernyanyi dengan teman-teman sambil melihat sunset bersama. Jika teman kamu juga suka surfing,  kalian dapat berdoa bersama agar beosk ombak akan bagus.

9. Perbaiki Papan- Kalau ingin menjadi surfer yang berpendidikan lengkap, harus belajar memperbaiki papan. Alangkah lebih baik lagi jika ada teman yang pintar agar dapat mengajari kamu, atau melihat orang yang bekerja di surf shop Tapi jika kamu tidak peunya kenalan yang ahli, selalu ada Youtube!


10. Membuat Surf Trip- Ombak juga bisa di cari Sobat! Ajak teman-teman surfer kamu,  mengepak barang-barang dan papan kamu untuk mencoba mencoba spot lain. Ini kesempatan untuk mendapatkan banyak teman baru dan menambahkan pengalaman. Jangan lupa pastikan dulu kalau akan ada ombak di tujuan sebelum berangkat. Kalau tidak pasti kalian akan kecewa bukan?

Semoga tips tadi bisa menjadi inspirasi kalian jika tidak ada ombak. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan jika ombak tidak ada, asalkan hal tersebut positif kenapa tidak? Benar kan.

 

 

Scroll To Top