G-Land Surf spot G-Land Surf spot Jawa timur

Item terkait

Sabtu, 23 November 2013 05:10

Surf Spot terbaik di Indonesia

4 pulau di Indonesia memiliki ombak yang sempurna

 

 

Olahraga diatas papan ini telah menjadi sinonim dari kehidupan pantai, yang diperkenalkan oleh bangsa Polinesia dan dipopulerkan oleh seorang Hawaii bernama Duke Kahanamoku pada awal abad ke-20. Keinginan untuk berselancar di tempat-tempat terbaik pun segera menjadi adiksi. Dengan lebih dari 17.000 pulau, Indonesia adalah tujuan utama para peselancar yang ingin menikmati laga bersama ombak tropis. Negara kepulauan ini menjanjikan moment liar bersama bagi para pengendara ombak, di berbagai tempat di tanah air.

Dimana saja daftar tempat untuk berselancar di Indonesia? Berikut ini beberapa beberapa surf spot yang sering dikunjungi peselancar profesional seperti Kelly Slater atau pembuat papan selancar kenamaan Maurice Cole mungkin susah untuk dijangkau, sementara lainnya hanya beberapa langkah saja dari keramaian.

 

Sumatra

Kepulauan Mentawai di lepas pantai Sumatra bagian barat memiliki lebih dari 49 tempat surfing, sementara Kepulauan Nias dibagian utaranya menawarkan gelombang konsisten yang akan memacu adrenalin para peselancar berpengalaman. Jangan lupakan Simeulue, sebuah pulau di Aceh yang sebelum terkena gempat tahun 2004 lalu menawarkan ombak dengan gelombang berbentuk kacang almond. Setelah bencana tersebut permukaan bawah lautnya terangkat beberapa meter lebih tinggi, membuat surfing di tempat ini lebih menantang dan berbahaya. Mintalah panduan penduduk lokal untuk membawa kamu ke tempat-tempat surfing terbaik, yang biasanya juga menyajikan pemandangan indah. Tanjung Setia di Lampung Barat juga dapat dituju jika kamu ingin menikmati ombak Samudra Hindia yang berbeda.

 

Jawa

Temukan shallow left-hand barrels terpanjang (hingga mencapai lebih dari 700 meter) yang termasuk salah satu yang paling berbahaya yang berada dekat pulau Panaitan,  bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon- sementara Grajagan atau G-land di Jawa Timur menawarkan salah satu left hand breaks terbaik dunia. Kamu juga dapat menemukan beberapa tempat surfing seru lainnya di sepanjang pantai sepi di sebelah selatan pulau Jawa seperti Sawarna, Batukaras, dan Cimaja, sepanjang tahun. Menghadapi rangkaian ombak yang berbahaya ini sebaiknya kamu membawa papan cadangan. Dengan banyaknya ombak yang spektakuler, kamu mungkin akan mendapatkan pengalaman surfing terbaik di pulau Jawa.

 

Bali

Sering disebut sebagai ibukota surfing Asia, dengan lebih dari 50 titik Bali memiliki banyak pilihan tempat baik untuk peselancar pemula maupun profesional. Beberapa pantai tempat surfing terbaik ada di bagian barat pulau ini seperti Padang-padang, Bingin, Impossibles dan Uluwatu. Tempat menarik lainnya di Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan sering dikunjungi peselancar air professional yang ingin menikmati suasana hening, tidak penuh dengan turis, tetapi tetap menjanjikan ombak yang mengagumkan. Sebaliknya, jika kamu ingin bertemu dengan banyak orang atau ingin belajar surfing di tempat aman, pantai di Kuta hingga Seminyak dapat dituju.

 

Nusa Tenggara

kumpulan pulau di Nusa Tenggara -sebelah utara benua Australia- menawarkan banyak titik surfing menarik dengan suasana yang jauh lebih sepi bila dibandingkan dengan pulau tetangga Bali. Lombok terkenal dengan Dessert Point-nya dan tiga gili (pulau)juga menawarkan beberapa spot surfing menarik. Sementara itu pantai Sumbawa Barat memiliki banyak titik surfing spektakuler yang beberapa mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Lain lagi dengan Sumba, dimana kamu dapat berselancar untuk kemudian beristirahat di pantai-pantainya yang relatif belum terjamah industri turis. Pulau Timor Barat dan Roti juga memiliki beberapa spot tersembunyi diantaranya T-Lands.

 

 

Scroll To Top