Item terkait

Kamis, 19 Desember 2013 05:34

7 Hal Paling Penting yang Surfing telah ajarkan tentang Hidup

Seseorang dari Brazil bercerita bahwa surfing sangat mempengaruhi hidupnya

 

 

Cerita yang diposting dari seorang surfer  dari Brazil dalam websitenya. Ia menceritakan bahwa melalui surfing ia belajar tentang 7 hal setelah 3 tahun ia belajar surfing.  Ombak pertama di pantai di Brazil sepertinya baru beberap waktu yang lalu, Setiap kali ia berpikir kembali pada pertama kalinya ia berdiri saat belajar surfing, ia tidak bisa menahan senyum dan berpikir betapa mengejar ombak telah mengubah hidupnya. Dengan semua itu membawa berbagai pelajaran yang penting di seluruh setiap aspek kehidupannya. Nah, apa saja 7 hal tersebut ayo ikuti point-point dibawah ini:

 

1 . disiplin

Ia surfing hampir setiap hari dan jika ia beruntung ia dapat surfing dua kali sehari. Ia tidka dapat tidur nyenyak Jika tidak dapat mengantisipasi sesi paginya. Ini merupakan tindakan disiplin yang ia belum pernah dalam hidupnya. Ini merupakan disiplin yang ia percaya bahwa kita juga perlu untuk membuat impian menjadi kenyataan. Untuk mencapai impian itu haruslah konsisten dan melakukan tindakan meski orang lain menggangap seperti gila.

 

2 . komitmen

Ia masih ingat kata teman surfernya ketika ia masih di Brasil. "Surfing adalah komitmen, saya tidak yakin kamu memilikinya dalam dirimu." Temannya mungkin saat itu, tapi entah bagaimana setelah ombvak pertamanya ia membuat komitmen pada dirinya bahwa ia akan belajar bagaimana bermain surfing. Ia bertekad melakukan apapun, dan itu berarti hari yang menguji kesabaran dan membangun karakter. Itu berarti melupakan hal-hal kecildan memberikan semua yang ia miliki untuk mencapai hasil akhir. Saat ini ia telah berhasil tidak hanya untuk membungkam para penentang, tetapi mendapatkan rasa hormat mereka. Ia sudah membuat komitmen yang akan berlangsung seumur hidup.


3 . kesabaran

Ada sesuatu dalam  surfing yang mengajarkan kita tentang kesabaran. Kenapa? Karena kita harus mengecek ombak, dan bahkan menunggu hingga ombak bagus. Dan belum tentu kita dapat menangkap ombak meski momentnya sudah tepat. Dengan semua itu kita harus bersabar hingga bena-benar mendapatkan moment dan tindakan yang tepat.


4 . ketekunan

Surfing mengajarkan bahwa kehilangan ombak mmebuat orang semakin gigih untuk mengejar dan mendapatkannya. Ia tidak dapat menghitung sudah berapa kalai ia kehilang ombak, dan sudah berapa kali surfing. Namun yang ia tahu ia hanya berusaha untuk mendapatkan ombak lagi dan lagi. Ia telah bertahan melalui kondisi melampaui tingkat keterampilannya dan sangat kecanduan surfing.  Ketika hal ini terjadi pada kita dalam beberapa hari, ini mengartikan bahwa kita keras kepala dalam mencapai sesuatu.

 

5 . keberanian

Setiap kali
kita paddle /mendayung disadari atau tidak kita seperti masuk dalam area yang dapat dikatakan bahaya karena kita akan bertemu gelombang besar dan mungkin laut berkarang. Dulu saat pertama kali ia belajar surfing ia berkata “Semoga ombak tidak begitu besar”, dan setelah duiatahun akhirnya berubah menjadi "Saya harap itu tidak terlalu kecil". Laut telah mengajarkannya untuk menjadi beranimemutuskan. Hal ini emngajarkan bahwakita harus menaklukkan diri sendiri.

6 . kerendahan hati

Kekuatan laut akan selalu membuat
kita rendah hati. Sebuah kekuatan yang lebih besar dari diri kita, apa yang yang kita bayangkan belum tentu seperti kenyataan saat di laut. Ini mengajarkan kita kerendahan hati dan menempatkan sesuatu dalam perspektif.


7 . kehadiran

Bagi kita sebuah perjalanan spiritual terus mencari keberadaan tanpa benar-benar pernah memahaminya. Kita tahu secara logis bahwa satu-satunya saat yang kita miliki
saat ini adalah pengalaman. Semakin lama kita berlatih-semakin bagus pula hasil yang kita raih. Menaiki ombak  telah mengajarkanya kehadiran. Ketikakita  jatuh dalam ombak,  pikiran akan  kosong dan semua pemikiran kita tentang bagaimana yang akan dilakukan ombak selanjutnya. Apakah akan menutup? Apakah akan memukul kita? Apakah akan membawa kedalam perjalanan hidup? Satu-satunya hal yang bisa ia katakan bahwa jejak kaki dalam imajinasinya yang  ia tinggalkan olehombak adalah salah satu yang paling jelas dalam pikirannya. Pengalaman singkat hidupnya  hampir sama jelas dan sepertinya itu baru saja terjadi kemarin.

Terlepas dari kenyataan bahwa beberapa orang mungkin mengatakan kepada
kita bahwasurfing telah menghancurkan hidup, tapi  itu tidak, justru sebaliknya surfing telah menyelamatkan hidupnya  dan untuk itu  ia berterima kasih. Ia bangun setiap haridan ia tahu bahwa ia akan selalu memiliki laut untuk selanjutnya, dan apa pun yang terjadi menaiki ombak akan selalu menjaga senyum di wajahnya.

Dari Cerita diatas dapat kita simpulkan surfing tidak hanya untuk olahraga tapi juga berpengaruh dapa diri sendiri dan gaya hidup. Surfing ternyata dapat bermanfaat bagi siapa saja yang menyukai dan memahaminya.

Scroll To Top