Item terkait

Selasa, 29 September 2015 11:38

GARUT WIDIARTA : KURANGNYA DUKUNGAN PEMERINTAH BAGI KAMI PARA PESELANCAR

Wawancara dengan salah satu surfer terbaik Indonesia..

Kali ini pada edisi pertama wawancara Pemburu Ombak dengan peselancar terbaik Indonesia, kami berkesempatan berbincang dengan Garut Widiarta yang merupakan salah satu peselancar terbaik Indonesia. Garut, yang merupakan salah satu tim Rider brand Rip Curl ini bercerita tentang panorama berselancar di Indonesia dan hal lainnya..

 

Menurut pendapat kamu, siapakah surfer terbaik Indonesia ?

Menurut saya adalah Bol, ia bisa surfing dengan baik dimana saja baik ombak kecil maupun besar. Kualitas surfingnya menurut saya tak diragukan lagi.

 

Kami tahu kamu pernah mengikuti kompetisi ASC dan juga salah satu kompetisi di WSL, beri tahu kami seberapa pentingnya bagi kamu berkompetisi di ASC serta bagaimana pengalaman berkompetisi di WSL ?

ASC benar benar berarti bagi saya, bukan hanya untuk saya, tentunya bagi seluruh surfer di Asia termasuk Indonesia. Karena dari ASC kita bisa pergi dan berkompetisi di negara lain di Asia. Kompetisi ini tidak memberikan hadiah yang besar, namun hal yang seru adalah kita seperti sekaligus jalan jalan bersama sahabat dan melawan surfer surfer dari negara lain di Asia. Sedangkan WSL buat saya adalah kompetisi dengan level yang berbeda dimana disana semua surfer yang berkompetisi adalah pejuang sejati yang benar benar berusaha untuk mengejar poin untuk lolos. Bisa dibilang mereka semua haus akan kemenangan. Namun itu bagus bagi saya, karena saya memiliki pengalaman bagaimana surfing melawan mereka.

 

Apa target yang harus dicapai oleh generasi pro surfer Indonesia kini dan akan datang, baik target nasional ataupun Internasional ?

Well, target untuk surfer Indonesia masih sangat banyak yang harus di capai seperti memenangkan title di seri ASC. Dan semoga di masa yang akan datang, generasi surfer muda mampu masuk ke dalam Tour Champion. Itu akan menjadi hal terhebat.

 

Apa yang kamu harapkan dari sponsor kamu ? Dan dari pemerintah, apakah harus ada dukungan lebih?

Saya tidak mengharapkan apa apa lagi dari sponsor saya, karena Rip Curl sudah seperti keluarga bagi saya. Saya bergabung dengan Rip Curl semenjak saya berumur 12 tahun dan mereka benar benar mempertahankan saya dengan baik dan saya benar benar senang bisa bergabung bersama Rip Curl. Soal pemerintah, saya berharap mereka bisa lebih peduli dan memberikan dukungan bagi surfer surfer Indonesia karena menurut saya perhatian pemerintah serta dukungan masih sangat kurang. Kami peselancar, berkeliling berkompetisi membawa bendera Indonesia mengharumkan nama Indonesia, namun kami hanya bermodalkan uang dari sponsor atau bahkan uang kami sendiri. Sungguh miris! Saya sangat berharap di kedepannya pemerintah dapat mendukung total generasi surfing selanjutnya dan dapat menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki surfer terbaik.

 

Indonesia memiliki banyak sekali tujuan dan spot surfing terbaik namun kebanyakan orang Indonesia sendiri pun tidak tahu itu. Apakah menurut kamu suatu hari nanti kompetisi tour surfing dunia akan diadakan lagi di Indonesia?

Ya, Indonesia memiliki ombak yang konsisten. Di sepanjang tahun turis datang untuk menikmati indahnya pantai kita yang berpasir putih dan ombaknya yang sempurna. Akan sangat hebat jika kompetisi tour dunia bisa kembali diadakan di Indonesia, namun balik lagi, kita memerlukan dukungan pemerintah untuk hal ini bisa terwujud.

 

Ada hal lain yang ingin disampaikan ?

Bagi siapa saja yang datang ke pantai Indonesia, tolong jangan tinggalkan sampah di pantai! Jaga kebersihan pantai, dan buang sampah pada tempatnya! Saya berkata sungguh sungguh, karena faktanya masih banyak pengunjung yang kurang peduli pada kelestarian pantai.

Scroll To Top