Item terkait

Kamis, 05 Maret 2015 00:00

MENTAWAI AIRPORT DIPERLUAS

Kabar baik datang dari Kepulauan Mentawai perihal perluasan landasan pacu Bandara Rokot.

Pemerintah Sumatera Barat berencana akan memperluas Bandara Rokot, yang merupakan satu-satunya bandara di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang bertujuan untuk mengakomodasi pesawat yang lebih besar dengan kapasitas 70 sampai 100 penumpang.

Badan Transportasi Sumatera Barat , komunikasi dan kepala kantor informatika Amran mengatakan rencana perluasan bandara yang terletak di Pulau Sipora telah diusulkan dalam rencana APBN 2016.

"Kami sudah mengusulkan pembangunan landasan pacu 1.400 meter dengan lebar 35 meter dengan biaya Rp 400 miliar menjadi Rp 500 miliar," kata Amran pada 17 Februari. "Landasan yang diusulkan akan dibangun 200 meter dari yang sudah ada. Landasan pacu yang lama, dengan panjang 900 meter dan lebar 23 meter, terletak terlalu dekat garis pantai" katanya."Ekspansi bandara akan dibangun di atas lahan seluas 160 hektar, termasuk 40 hektar milik manajemen bandara dan 70 hektar telah dibersihkan. Kabupaten Kepulauan Mentawai telah berjanji untuk menyelesaikan sisanya tahun ini, " Tambah Amran

Amran juga mengungkapkan bahwa  bandara yang ada sekarang ini dalam kondisi yang buruk. Dan ia ingin pihak terkait segera mengurus keterbengkalaian bandara ini agar angka pariwisata di Sumatra akan semakin meningkat.

Sebelumnya Pesawat dari maskapai Susi Air melayani penumpang di Bandara ini dengan kapasitas hanya 7 sampai 10 penumpang yang biasanya dilakukan 2 sampai 3 kali penerbangan dalam seminggu yang terbang dari Padang. Maka dengan adanya perluasan landasan pacu di bandara Rokot ini, akan bisa menampung pesawat yang lebih besar untuk take off dan landing. Keuntungan lainnya juga bisa menampung penumpang lebih banyak dan kemudian berdampak memajukan proyek pariwisata Kepulauan Mentawai yang begitu indah yang amat disayangkan karena akses menuju kesana yang sulit.

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Rijel Samaloisa menyambut baik dan antusias akan rencana ini. Ia berjanji akan mempercepat proses
pembukaan lahan demi kemajuan wilayahnya.

 

So guys para Pemburu Ombak, antusias kah dengan kabar baik ini ? tentunya sangat menguntungkan untuk kalian yang punya rencana surf trip ke Mentawai kan :)

 

Berikut di bawah ini salah satu surf spot yang bikin kalian ngiler untuk surfing ke Mentawai !


Cam - Cimaja Live

Scroll To Top