Item terkait

Rabu, 04 Maret 2015 00:02

TIPS MENCEGAH SERANGAN HIU

Ketahui bagaimana untuk meminimalkan risiko serangan si raja laut.

 

Hiu adalah predator menakutkan, namun manusia jarang dijadikan sebagai menu mangsa hiu. Bahkan lebih banyak manusia tewas atau terluka oleh anjing, lebah, ular, nyamuk dan berbagai hewan lainnya. Namun, hiu tetap berbahaya, dan siapa saja yang masuk ke wilayah mereka harus memiliki rasa hormat yang sehat untuk predator ini. Di perairan Indonesia jarang sekali terjadi "shark attack". Entah karena hiu-hiu kita sudah habis diburu para nelayan atau karena hiu gak doyan sama daging orang Indonesia? anyway gimanapun perairan kita, untuk kalian yang akan memasuki perairan yang dihuni oleh hiu, ini beberapa ide dan beberapa tips yang penting untuk mengetahui bagaimana untuk meminimalkan risiko serangan si raja laut ini.

 

- indahkan peringatan, sebagai contoh di daerah pesisir di mana hiu baru-baru ini terlihat akan sering ditanggalkan papan peringatan di sekitar pantai, dan bahkan tanpa adanya ini, masyarakat setempat atau penjaga pantai pasti akan mengingatkan kalian untuk potensi bahaya. Tetap keluar dari air jika diperingatkan untuk melakukannya.

 

- Hindari air yang terkontaminasi dengan limbah atau kotoran. Hiu tertarik ke daerah-daerah tersebut. Tentu saja, itu bukan satu-satunya alasan bagi kalian untuk menghindari air yang tercemar kan?

 

- Hindari surfing, berenang, atau kegiatan air lainnya di dekat kegiatan penangkapan ikan. Hiu mungkin datang untuk cari camilan dari jaring nelayan, dan mereka dapat tertarik oleh umpan.Kalian gak mau kan jadi cemilan hiu ? hehe :)

 

- Jika kalian menyelam di perairan di mana kalian mungkin menghadapi hiu atau surfing di daerah rawan hiu, bawalah senjata seperti pisau kecil lipat yang bisa kalian kantongi di kantong celana surf mu atau kalian gantung model kalung di leher saat surfing. Untuk yang diving bisa membawa tombak kecil untuk jaga-jaga.

 

- Berpakaianlah dengan tepat. Pakai warna yang gelap atau kusam, karena warna-warna cerah atau mencolok dengan kontras tinggi dapat menarik perhatian hiu. Hindari memakai perhiasan, sebagai pantulan cahaya dari aksesoris seperti ini mirip dengan pantulan cahaya dari sisik ikan itu, dan dengan demikian dapat membuat kalian terlihat seperti makanan.

 

- Selalu waspada, karena kalian mungkin mengalami sejumlah bahaya ketika menyelam, berselancar, atau berenang di laut atau sungai pesisir, dan kalian harus selalu waspada. Lanjutkan dengan hati-hati pada apa pun yang kalian lakukan, dan menyadari lingkungan kalian.

 

- Bergeraklah di air dengan normal ,dan berenang dengan lancar setiap saat. Hindari percikan di permukaan air. Hindari gerakan tiba-tiba atau tidak menentu ketika kalian di hadapan hiu. Nah di bagian ini mungkin agak sulit kalian lakukan yaitu Jika kalian melihat hiu di dekat kalian saat sedang diving, surfing atau sebagainya tetaplah stay cool dan mencoba normal. Karena hiu punya indra ke 100 untuk mencium aroma deg-degan ketakutan kalian.

 

- Kenali perilaku agresif Hiu. Hiu yang berenang perlahan dan lancar umumnya bukan ancaman. Mereka mungkin mendekati penyelam atau peselancar tetapi umumnya hanya ingin tahu ketika mereka melakukannya. Jika hiu mulai membuat gerakan tiba-tiba, berenang dengan cepat atau tidak teratur, atau jika itu menunjukkan tanda-tanda agresi atau iritasi - menunjuk sirip dada ke bawah dan melengkungkan punggungnya, menunjuk kepalanya ke atas maka mungkin hiu sedang mempertimbangkan serangan. Berenang dengan cepat dan lancar ke tempat yang amandan mempersiapkan diri untuk membela diri.

 
- Hindari surfing, diving atau kegiatan air lainnya selama fajar dan senja. Hiu berburu paling aktif pada saat ini, dan akan sulit bagi kalian untuk melihat dalam kondisi gelap. Pastikan matahari sudah unjuk gigi saat kalian melakukan kegiatan air. Hindari juga hari mendung, karena tingkat cahaya saat mendung  seperti cahaya saat fajar dan senja.
 
 
- Jangan surfing, diving dll jika kalian berdarah atau mempunyai luka. Sekecil apapun luka yang berdarah, hiu akan dengan agresif mencium darah segar kalian.
 
 
Nah guys, itulah beberapa tips yang mudah-mudahan berguna bagi kalian pecinta laut :)
 
 
Salam
 
Pemburu Ombak

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top