Item terkait

Senin, 19 Januari 2015 05:13

PENJELASAN TENTANG OMBAK

Berikut penjelasan tentang jenis-jenis ombak.

 

Apakah kalian tahu bagaimana gelombang dihasilkan dan jenis gelombang apa yang terbaik untuk berselancar untuk kemampuan kalian? Jika tidak, maka di sini adalah gambaran singkat untuk membantu pemahaman kalian tentang gelombang.

Gelombang dihasilkan di laut, angin mulai membuat riak kecil di permukaan air yang dari waktu ke waktu menciptakan gelombang. Riak sukses berubah menjadi gelombang tergantung pada durasi dan kekuatan angin di samping mengambil (jarak) nya. Misalnya semakin kuat angin bertiup semakin besar gelombang terutama jika badai berlangsung lama dan angin terus bertiup lebih dari jarak yang sangat jauh.

Gelombang bergerak ditransfer dari angin ke dalam air. Gulungan energi melalui air dalam gerakan melingkar membuat puncak gelombang di bagian atas dan palung di bagian bawah seperti berputar. ombak cenderung besar dan energi yang dilepaskan akan menjadi gelombang pecah di pantai.

Cara setiap gelombang (wave breaks) tergantung pada permukaan dasar laut. Umumnya ada tiga jenis gelombang, Menumpahkan, Terjun dan bergelombang.

 

wave

 

Spilling waves cocok untuk peselancar pemula yang ke tingkat lanjut. Mereka memecah di pantai yang relatif datar dan luas dan runtuh di atas puncak gelombang yang lambat seperti yang terlihat pada gambar di atas. Ini berarti bahwa gelombang tidak terlalu kuat sehingga membuatnya lebih mudah.

Plunging waves cocok untuk peselancar yang lebih profesional atau sudah memiliki pengalaman. Ombak biasanya tersedia di pantai curam dan berkarang yang menghasilkan tabung mengagumkan. Gelombang ini adalah sedikit terlalu kuat untuk pemula dan kadang-kadang sangat menakutkan.

Surging waves sering tidak pernah breaks dan tidak bagus untuk selancar. Hal ini karena dasar laut biasanya terlalu curam dan gelombang akan datang dekat dengan pantai dan gelombang sampai ke pantai.

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top