Item terkait

Jumat, 29 November 2013 09:47

Pulau Nusa Penida

Keunikan Pulau Nusa Penida

 

 

Pulau Nusa Penida merupakan bagian dari Bali, terletak di KabupatenKlungkung. Dahulu NusaPenida adalah tempat dimana tahanan dinasti Gelgel dari Bali  dipenjara  pada awal abad 18 di bawah penguasaan Majapahit. Dinasti Gelgel adalah salah satu dari Kerajaan di Bali yang pernah menguasai Lombok. Sebelum Majapahit datang ke Bali, dinasti Gelgel adalah yang menaklukkan Nusa Penida. Nah, yang lebih menarik lagi ternyata Nusa Penida memiliki 7 keunikan, yuk simak artikel dibawah ini :

 

1.  Pulau dengan Keunikan alam Bawah laut Terindah

Nusa Penida dikenal dengan obyek wisata bawah lautnya sehingga banyak penyelam dari manca negara datang ke Nusa Penida untuk mengexplorasi keindahan panorama bawah laut Nusa Penida. Maka dari itu tidak heran jika kapal pesiar Quiksilver lalulalang di area ini. Selain menawarkan wisata laut, Nusa Penida juga memiliki tempat yang tidak kalah indahnya diantaranya Pantai Penida, Pura Batumedawu, Pura Goa Giri Putri, Pura Dalem Ped, Puncak Mundi, dan beberapa sumber mata air di sebelah selatan Nusa Penida yang menawarkan pemandangan Laut dengan tebing yang berketinggian antara 50 – 200 meter.

Terumbu karang disini masih utuh dan sangat terjaga, hal ini dikarenakan para nelayan tidak pernah mengambil terumbu karang sehingga keasrian terumbu karang dan biota laut tetap terjaga.

 

2.  Pulau dengan Rumput laut spinosum, Rumput laut terlangka didunia.

Nusa Penida, sebuah pulau kecil yang terletak sekitar sepuluh mil laut tenggara Bali, wilayah pantainya tercatat sebagai “museum” rumput laut langka di dunia. Rumput laut jenis spinosum, merupakan species tumbuhan perairan langka, di Indonesia hanya terdapat di kawasan pantai Nusa Penida, Selain ( rumput laut) sebagai komoditi untuk diperdagangkan juga dipakai untuk keperluan sayur-mayur, jajanan atau pun puding yang tentunya bernilai gizi tinggi.

 

3.  Paling aman dari terjangan banjir/Tsunami

Mungkin kedengarannya aneh,  tapi ini adalah faktanya. Susunan pulau ini terdiri dari batu kapur yang kokoh, dengan medan yang berbukit-bukit, hal ini membuat pulau ini cukup aman untuk mengatasi tsunami bila memang terjadi bahkan banjir jarang terjadi di Pulau ini. Dengan faktor medan yang begitu padat dimiliki pulau ini sudah tentu terhindar dari masalah banjir, walaupun hal lain masih perlu dibenahi.

 

 4.  Pulau dengan tingkat Niskala ( ketuhanan) yang tinggi Pulau 

Di pulau yang gersang ini tersimpan misteri magis,  karena setiap bulannya selalu ada pengunjung yang memadati pulau ini, tirtayatra religi, Di sebuah desa, tepatnya di Desa Ped, Sampalan, Nusa Penida, ada sebuah pura yang sangat terkenal bagi orang Bali.  Pura Penataran Agung Ped nama dari pura terkenal tersebut. Pura ini, berada sekitar 50 meter sebelah selatan bibir pantai lautan Selat Nusa penida. Karena pengaruhnya yang sangat luas yakni seluruh Bali, sehingga pura Penataran Agung Ped menjadi  Pura Kahyangan Jagat dan wisata religi di Bali.

    

5.  Pulau paling aman dari segala kejahatan

 Hampir  ada berita tentang kejahatan yang berarti yang ada dipulau ini, suasana aman dan ramah di pulau kecil ini. contohnya motor yang ditaruh diluar rumah/diluar pagar berhari-hari tidak ada yangmengambil. Masyarakatnya rukun, meskipun ada pencurian namun tidak separah dikota lain.

 

6.  Pulau penghasil Bio energy, bebas polusi, Konservasi alam dan listrik tenaga bayu yang tidak ada di pulau lain

Pulau yang terpilih sebagai pulau wisata energi bio.  Hal ini diungkapkan oleh  presiden Indonesia (SBY) saat kunjungannya ke pulau Nusa Penida. Pulau yang dijadikan konservasi alam dan pembangkit listrik tenaga bayu(angin).

 

7.  Pulau incaran investasi asing

investor asal Klantan, Malaysia berminat menanamkan modal di Pulau Nusa Penida, Kepulauan Nusa Gede, Kabupaten Klungkung, Bali untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata.( baca juga www.yiela.com/details/664829/malaysia-incar-pulau-nusa-penida)

 

Bagaimana setelah membaca ulasan tadi, apakah kalian tertarik untuk mengunjungi Pualu Nusa Penida? Jika kalian jalan-jalan ke Bali kunjungi saja  salah satu pulau cantik ini, Jangan khawatir di Bali terdapat banyak informasi tentang pulau ini.

 

 

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top