Item terkait

Kamis, 28 November 2013 04:25

FROM INDONESIA REALLY? HOW LUCKY YOU ARE"

“Where are you from?” “Im from Indonesia.” “Really??! How loucky you are.. do you know that?”

by Gemalah Anafiah :

 


“Where are you from?”
“Im from Indonesia.”
“Really??! How loucky you are.. do you know that?”



Inilah ucapan yang sering saya dapatkan saat traveling untuk surfing terutama. Dunia sudah tau, dan mengkui betapa bagusnya ombak-ombak yang ada di Indonesia. Mulai dari yang radikal sampai yang lembut mengalun, semua adalah kelas dunia.

Indonesia sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia dengan garis pantai no 4 terpanjang, memiliki potensi sangat besar yang belum sepenuhnya tergali, dalam konteks ini adalah potensi surfing atau selancar itu sendiri.

Surfing adalah olahraga yang menjadi gaya hidup, masuk ke Indonesia pada awal tahun 70 an, menyibak dan mengangkat emas yang telah tersedia  di sepanjang bibir pantai, ombak.

Menyumbang sekitar 30% dari jumlah total turis selancar yang datang ke negri ini, selancar berkembang pesat di berbagai titik, mengangkat dan memajukan berbagai daerah dengan ekonomi alternatifnya. Satu kesempatan yang sangat baik untuk terus dikembangkan tanpa kehilangan jati diri dari daerah tertentu.

Hanya sangat disayangkan, selancar masih seakan-akan belum menjadi milik masyarakat Indonesia sendiri, meskipun ombak-ombak tersebut berada di wilayah Indonesia. Masih banyak orang yang tidak familiar dengan laut, bahkan menjauhinya seakan-akan laut adalah wilayah yang sangat berbahaya.

Hal ini tentu saja sangat bertentangan dengan akar budaya bangsa Indoensia sebagai Negara maritime, dengan jumlah pulau yang mencapai sekitar 17.000. Konsep Negara maritime yang telah ditekankan juga oleh presiden Soekarna dulu, perlahan-lahan memudar.

Pemburu Ombak mengemban misi untuk memperkenalkan gaya hidup dan kultur itu kembali, melalui selancar. Dengan selancar, bangsa Indonesia semakin mengenal potensi dan keindahan negaranya sendiri, menghargai berbagai keragaman budaya pesisir yang akan meningkatkan pemikiran positif dan rasa bangga pada tanah air ini.

 

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top