Item terkait

Selasa, 02 September 2014 06:31

Pulau Simeulue, The Uncrowded Surf Spot

Tempat persinggahan yang layak untuk dijelajahi

 

Jika kalian seorang pemburu ombak yang ingin lari dari keramaian, ada baiknya kalian melirik Pulau Simeulue, Aceh. Berjarak 120 km dari pantai barat Sumatra, pulau ini memiliki pesona yang tidak boleh dilewatkan. Simeulue memiliki hamparan pantai berpasir putih, gugusan tembu karang dan tentu saja ombak yang menawan.

Tentu tidak akan ada yang menyangka jika kurun waktu 10 tahun, Simeulue telah mengalami empat gempa dahsyat. Meski masih meninggalkan luka, Simeulue tetap “berdiri”. Setelah gempa, terbentuk ombak baru yang lebih konsisten dengan arus yang bergulung dan memecah setinggi sekitar 2 meter.

Meski Simeulue tidak memiliki ombak kategori A, kalian tidak akan kecewa karena disini tersedia beberapa jenis ombak. Jika menyukai ombak pendek dengan lengkungan yang menarik, kalian bisa mencoba spot di dekat sisi kanan bandara. Kalian juga dapat mencoba ombak dengan lengkungan tak beraturan di lepas pantai Pulau Tapah. Saat swell di tempat ini melemah, ombak akan lebih kuat menghantam tepian pantai.

Simeulue hanya memiliki satu jalan yang mengelilingi pulau ini sehingga kalian tidak perlu takut tersesat. Disini kalian dapat memilih akomodasi dari yang standar hingga surf camps yang memadai. Juga tersedia perahu memancing sewaan jika kalian ingin mencoba hal lain.

Beberapa hal ini perlu kalian diperhatikan jika ingin berkunjung kesini. Satu, mayoritas penduduk Simeulue beragama Islam sehingga kalian diminta untuk menghormati budaya dan kebiasaan penduduk lokal. Dua, jarang ditemui penduduk lokal yang berselancar. Tiga, meski malaria bukan isu penting tapi ada baiknya melakukan pencegahan, kan?

Dari sini, kalian dapat menjelajah ke arah utara dimana Aceh memiliki beratus surf spot yang menanti untuk ditemukan., atau kalian dapat berlayar ke arah tenggara dimana Pulau Nias dan Mentawai berada.  Selamat berpetualang sobat!

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top