Item terkait

Sabtu, 23 November 2013 06:45

Africa van Java

Pantai Bama, Kecantikan Bawah Laut Baluran

 

 

Baluran merupakan kawasan Taman Nasional yang berada di Situbondo, Jawa Timur seluas 25 Ha. Taman Nasional Baluran merupakan perpaduan sempurna landcape alam pegunungan, hamparan dataran savannah kering dan sekaligus garis pantai koral berpasir putih serta tentunya beraneka fauna dan flora yang menghuninya. Terletak + 250 km dari Kota Surabaya, perjalanan menuju Baluran dapat ditempuh dengan jalan darat dari Surabaya selama kurang lebih 5 jam.

Banyak orang menyebut Baluran sebagai “Africa van Java”. Tapi menurut saya, Taman Nasional seluas 250 kilometer persegi di ujung timur Pulau Jawa ini bisa dibilang “More than Africa”. Itulah uniknya tempat wisata di Indonesia. Apakah kamu setuju? jika traveling di Indonesia itu ibarat sekotak coklat, kita tak akan pernah tau apa yang akan kita dapat. Seperti Baluran, awalnya kita pasti menyangka kawasan ini hanya sebatas hutan tropis atau padang savana yang dihuni hewan-hewan liar ala Afrika seperti kerbau, banteng, rusa, berbagai jenis burung, hingga kera. Night safari tentunya akan menjadi tantangan tersendiri, berteman kehidupan satwa malam dan langit malam tanpa asap-asap polutan akan menyatukan para explorer dengan alam. Pantainya yang tenang dengan coral-coralnya akan menambah sedapnya petualangan.

Sekitar 2 km dari Baluran, kita akan sampai di Pantai Bama. Untuk pecinta bawah laut, wajib hukumnya buat nyebur di sini. Pemandangan underwater-nya hampir sama dengan Pulau Menjangan di Bali -mungkin karena lokasinya yang sama-sama berada di kawasan pantai utara. Ombaknya relatif kecil, airnya jernih, sinar matahari yang melimpah sehingga air laut terasa hangat, dan habitat terumbu karang serta ikan-ikan laut yang beraneka ragam.

Spot snorkeling di Pantai Bama cukup dijangkau dengan jalan kaki dari tepi pantai. Karena sifat pantainya yang landai, berhati-hatilah dengan banyaknya terumbu karang yang tajam-tajam. Juga hati-hati dengan bulu babi. Di perairan sini juga terdapat Manta, sejenis ikan pari yang punya racun berbahaya, jadi tetap waspada saat kamu snorkeling bersama ikan-ikan nemo yang lucu-lucu seperti ini.

Untuk snorkeling di sini kamu akan dikenakan biaya Rp 30.000, sudah termasuk sewa peralatan snorkeling lengkap (kaca mata, snorkel, fins, dan life jacket). Yeayy pasti akan seru banget ya, Ayo buruan ajak teman-teman kamu untuk mengunjungi Africa van Java!

 


{comremote}http://zulfikaralex.com{/comremote} Zulfikar

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top