Selasa, 22 Agustus 2023 13:27

Siska Tasiripoula peselancar perempuan pertama dari Mentawai

Ia memulai berselancar sejak usia 11 tahun...

Bagaimana rasanya disebut sebagai pelopor? Dan seberapa besar beban yang dibawa? Apa konsekuensi dari mengalihkan norma dan mengabaikan orang yang memberi nasehat yang membuat kita takut dan meremehkan kita?

Semua ini bisa dijawab oleh Siska Tasiripoula, surfer perempuan pertama dari Mentawai. Selancar yang dalam sejarahnya lebih banyak diikuti oleh pria, perlahan-lahan berubah menjadi ruang yang lebih demokratis dan egaliter, dan perjuangan perempuan untuk diakui dalam medium ini akhirnya mulai berbuah manis. Tapi jalan ini masih panjang, dan beberapa jalan lebih berliku daripada yang lain - seperti yang dikatakan oleh Siska.

Dia mulai berselancar pada usia 11 tahun, di ombak Toloulaggo, surga tersembunyinya. Setelah berbulan-bulan mendesak saudara laki-lakinya untuk memberinya papan selancar, akhirnya ia diberi papan yang rusak, tanpa fins, tanpa wax, dan tanpa legrope, tetapi itu lebih dari cukup bagi Siska untuk memulai perjalanan berliku yang masih dia jalani, mungkin tanpa ia sadari juga sudah memberi inspirasi banyak perempuan lain.



  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top