Kamis, 09 Februari 2023 10:15

Carissa Moore dan Jack Robinson Memenangkan WSL CT di Billabong Pro Pipeline 2023

Rio Waida asal Indonesia berhasil duduk di teringkat 9

Carissa Moore (HAW) dan Jack Robinson (AUS) memenangkan Billabong Pro Pipeline, perhentian pertama di 2023 Championship Tour (CT). Juara Dunia lima kali Moore dan pesaing CT tahun ketiga Robinson meraih kemenangan mereka di Banzai Pipeline yang terkenal di dunia tepatnya berada di Pantai Utara Oahu. Moore mengalahkan Juara Dunia dua kali Tyler Wright (AUS) di Final, sementara Robinson mengalahkan Leonardo Fioravanti (ITA).

Image: Carissa Moore di Pipeline Pro 2023. Credit: WSL/Brent Bielmann

 

Carissa Moore telah menjadi runner-up di Pipeline selama dua tahun terakhir dan akhirnya meraih kemenangan terobosannya kali ini.

Pipeline Pro bagi Moore dimulai dengan pertarungan melawan pendatang baru, sesama pesaing Oahu, Bettylou Sakura Johnson (HAW) yang berusia 17 tahun. Meskipun heat-nya lambat, Moore berhasil menemukan laras ombak Backdoor dan mendapatkan 8.0 yang luar biasa. Sakura Johnson melakukan upaya yang gagah berani, tetapi itu tidak cukup untuk mengalahkan Juara Dunia berpengalaman itu.

 

Jack Robinson Mengklaim Kemenangan Pertama Musim CT 2023 di Pipeline

Image: Jack Robinson pada Pipeline Pro 2023. Credits: WSL/Brent Bielmann

 

Hari Robinson dimulai dengan pertarungan mendebarkan melawan Juara Dunia dua kali dan mantan pemenang event John John Florence (HAW). Keduanya mendemonstrasikan keterampilan surfing yang lihai. Dengan sisa waktu kurang dari tiga menit, Robinson menemukan skor yang dia butuhkan, 6,67, untuk menyalip Juara Dunia dua kali tersebut.

Robinson kemudian bertemu bintang Brasil Joao Chianca di Semifinal. Chianca datang ke pertandingan dengan penuh percaya diri setelah baru saja mengalahkan Toledo Juara Dunia saat ini. Setelah awal pertandingan yang lamban, keadaan memanas di 5 menit terakhir. Dimana Robinson terus memimpin melalui Backdoor yang panjang.

 

Rio Waida Duduk Di Ranking 9 CT 2023

 

Di sisi lain, surfer kebanggaan Indonesia Rio Waida, yang juga merupakan surfer pertama dan satu-satunya dari Indonesia sepanjang sejarah, harus rela tereliminasi di Round 16 setelah kalah melawan surfer asal Brazil Joao Chianca dan kini duduk di peringkat 9 Championship Tour. Tentunya pencapaian tersebut sudahlah sangat luar biasa mengingat Rio merupakan salah satu Rookie pada CT 2023 ini. Dengan hasil yang membanggakan bagi Indonesia ini kita harap semakin banyak lagi bibit bertalenta Indonesia yang bisa menyusul keberhasilan Rio Waida hingga CT.

 

 

  • EN: EN

Billabong Pro Pipeline 2023 - FINALS DAY WSL

Item terkait

Scroll To Top