Selasa, 02 April 2019 16:54

RANDOM THOUGHT : MENGAPA KUPU-KUPU MEMILIKI WARNA YANG BERBEDA-BEDA DAN CANTIK?

Tidak ada orang yang tidak "happy" jika melihat hewan ini.

Kupu-kupu bisa dianggap sebagai salah satu hewan yang sangat cantik dan mempesona. Tidak ada orang yang tidak "happy" jika melihat hewan ini. Terbang kesana kemari, mengepakkan sayapnya yang berwarna cerah dan menawan membuat siapapun yang bertemu hewan ini langsung merasakan efek bahagia yang merasuk melalui kedua mata kita.

Pernahkah kalian sadari bahwa kupu-kupu selalu memiliki warna dan corak yang berbeda diantara satu sama lain? Dan tentunya kalian bertanya-tanya darimana asal warna indah sang kupu-kupu itu berasal bukan.

Kami yakin beberapa diantara sobat Pemburu Ombak juga banyak yang belum mengetahui jawabannya. Mungkin ini akan sedikit lebih jauh dari info dan cerita tentang ombak dan lautan, tapi tidak ada salahnya kan jika kita menambah ilmu tentang hal lain, terlebih ini masih tentang makhluk hidup yang ada di dunia.

Tahukah kamu, Pada dasarnya, kupu-kupu memiliki sayap yang transparan. Berkat sistem struktural dan sistem kimia yang rumit, kemudian terbentuklah penampilan fisik seperti yang kita ketahui saat ini. Corak yang didapat dari hewan ini ditentukan oleh dua sumber, yaitu struktur dan pigmen.

Yang dimaksud dengan pigmen adalah zat kimia yang menyerap panjang gelombang cahaya tertentu dan kemudian merefleksikan atau memantulkannya ke sisi lain. Hasil pantulan itulah yang kemudian menjadi warna kupu-kupu, dan hasilnya bisa saja berbeda tergantung cahaya yang diserap.

Satu contoh jika kita melihat kupu-kupu berwarna coklat dan kuning, Warna ini berasal dari melanin yang juga ada dalam kulit manusia. Seperti halnya manusia, semakin banyak sinar yang matahari yang diserap maka melanin yang terbentuk akan semakin banyak, dan menghasilkan warna yang semakin gelap. Melanin juga berperan menciptakan corak atau bintik pada sayap.



Selain melanin, ada zat lain yang juga menentukan warna kupu-kupu. Misalnya ptediridine yang menghasilkan warna merah muda, putih, dan kuning. Namun warna yang dihasilkan memang tak selalu warna pokok. Beberapa kupu-kupu juga memiliki sayap yang merupakan perpaduan dari dua warna yang sama-sama kuat.

Faktor kedua, warna struktural adalah warna yang terbentuk karena struktur khusus yang dimiliki makhluk ini. Sayap yang terlihat tipis dan rapuh ini ternyata memiliki banyak sisik kecil yang saling melapisi, dan dipisahkan oleh kantong udara. Sisik-sisik ini sejatinya berfungsi untuk meningkatkan kualitas aero dinamik kupu-kupu saat terbang. Ujungnya tajam dan menancap kuat pada permukaan sayap, sehingga akan tetap menempel di tempatnya.

Selain sebagai alat untuk membantu keseimbangan, sisik ini juga memberikan warna dan corak pada kupu-kupu. Panjang gelombang cahaya yang diserap menghasilkan pigmen yang tersimpan dalam sisik-sisik ini sehingga menghasilkan warna yang kita kenal.

Selain itu, struktur dan susunan sisik ini juga menciptakan berbagai macam trik/tipuan cahaya, pemantulan, pembiasan, hingga akhirnya membentuk warna kupu-kupu seperti yang kita kenal sekarang. Sistem kerjanya seperti gelembung sabun, di mana saat menerima cahaya dia akan memantulkan berbagai macam warna sesuai dengan kondisi sinar yang mengenainya. Selain itu, kondisi sisik yang saling tumpang tindih juga akan menghasilkan perpaduan warna yang berbeda.

Kupu-kupu yang memiliki warna cerah biasanya bebas dari mangsaan burung. Nah satu lagi nih yang perlu kalian tahu, di dunia hewan, apapun hewan yang memiliki warna mencolok dan cerah dianggap sebagai hewan beracun dan tidak layak untuk dimakan.

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top