Item terkait

Rabu, 14 Februari 2018 13:19

PENTINGNYA ANTIOKSIDAN MENUTRISI SEORANG SURFER

Ketahui kelebihan antioksidan bagi mereka yang melakukan latihan fisik yang intens..

Musim panas mengundang untuk berlatih berselancar, dengan cara yang teratur dan sangat intens, dan dalam kasus tertentu, latihan fisik dapat meningkatkan konsumsi oksigen hingga 10 sampai 25 kali. Hal ini terjadi untuk memenuhi tuntutan produksi energi, menghasilkan stres oksidatif tinggi yang mengarah pada produksi radikal bebas.

Kini, radikal bebas adalah zat yang sangat reaktif yang dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai struktur di tubuh kita. Saat ini mereka bahkan dianggap sebagai penyebab utama penuaan, selain berkolaborasi dengan penampilan dan kejengkelan gejala penyakit lain seperti, misalnya kanker dan Alzheimer.

Antioksidan adalah senyawa yang mampu menetralisir radikal bebas. Antioksidan dari makanan ini menawarkan manfaat kesehatan yang jelas serta konsumsi buah dan sayuran yang membantu menghasilkan aktivitas protektif melawan stres oksidatif yang berlebihan.

Ketahui antioksidan utama dan sumber makanannya:

 

- Vitamin E (tokoferol): ditemukan dalam makanan kaya lemak asal sayuran. Alpukat, kenari, kacang-kacangan, minyak zaitun, bibit gandum, minyak kedelai, bunga matahari dll.

- Vitamin C: ditemukan pada makanan seperti jeruk, lemon, kiwi, stroberi, markisa, acerola, tomat dan lada;

- Zat besi: ditemukan pada makanan seperti kacang, daging merah, unggas, makanan laut, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, bibit gandum dan biji-bijian;

- Beta-karoten: Ditemukan dalam makanan berwarna kuning ,orange atau hijau gelap seperti labu, wortel, ubi jalar, pepaya, kuning telur, kubis dan bayam;

- Magnesium: ditemukan pada makanan seperti kacang-kacangan, blackberry dan nanas;

- Selenium: ditemukan pada makanan seperti ikan, jamur, kerang, kalkun, biji bunga matahari dan biji-bijian.

 
Asupan lemak, gula, alkohol dan kopi yang tinggi, kesalahan makan, serta polusi dan merokok, ditambah proses stres dan inflamasi, menyebabkan peningkatan oksidasi, yang pada gilirannya meningkatkan kebutuhan antioksidan alami.

  • EN: EN

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top