Item terkait

Selasa, 06 Februari 2018 00:02

MENAKJUBKAN! ORCA BISA MENIRU SUARA MANUSIA

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada hari Rabu lalu menunjukkan bahwa orcas, yang juga dikenal sebagai paus pembunuh, dapat meniru ucapan manusia dan sering mengetahui cara mereproduksi suara yang pernah mereka dengar hanya sekali.

Beberapa file suara menunjukkan orca, Wikie, untuk meniru kata-kata bahasa Inggris, beberapa di antaranya sempurna, seperti "Amy", "Hello", "One", "Two" dan "Bye Bye" (lihat video).

Wikie, orca yang menjadi subyek penelitian ini, adalah betina berusia 14 tahun yang tinggal di akuarium di Prancis. Suara itu direkam oleh lima tim ilmiah independen dan membantu mewujudkan fleksibilitas orca dalam reproduksi suara. Seperti orangutan, lumba-lumba, gajah dan burung beo, penelitian ini sekarang membuktikan bahwa hewan ini juga memiliki kemampuan untuk meniru suara spesies lainnya. Dalam kasus orcas, misalnya lumba-lumba dan singa laut - sebuah fenomena yang telah dicatat namun tidak pernah diselidiki.

Kemampuan seekor binatang untuk meniru ucapan manusia bergantung pada karakteristik otaknya, tapi juga pada alat vokalnya. Namun, mereka yang bertanggung jawab atas penelitian tersebut mengatakan bahwa berbicara dengan paus di masa depan akan sangat sulit.

Pekan lalu, dua orcas telah membuat berita bahwa mereka telah melewati dua anak yang bermain di air, dan tidak ada yang terjadi pada mereka. Hal ini terjadi di Enclosure Bay di Pulau Waiheke, Selandia Baru, dan pastinya menakut-nakuti hidup mereka. Betapa beruntungnya... atau akankah orca mengerti manusia lebih baik dari yang kita kira?

  • EN: EN

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top