Item terkait

Senin, 29 Januari 2018 23:13

BERANI LAKUKAN METODE VEGAN? RASAKAN MANFAAT LUAR BIASA PADA TUBUHMU!

Metode ini benar-benar hanya mengkonsumsi asupan dari nabati saja alias sayuran dan buah-buahan.

Jenis vegetarian terbagi menjadi tiga kelompok yakni vegetarian Lacto ovo, lacto dan Vegan. Lacto ovo adalah jenis vegetarian yang masih memasukkan telur pada daftar makanan yang dikonsumsi. Selain itu juga masih memasukkan susu dan produk susu lainnya kedalam asupan makanannya. Jika Lacto adalah jenis metode vegetarian yang tidak memasukkan telur ke dalam daftar asupan makanan, namun masih mengkonsumsi produk susu ataupun keju lainnya. Dan yang terakhir adalah Vegan, yang mana dalam metode ini benar-benar hanya mengkonsumsi asupan dari nabati saja alias sayuran dan buah-buahan.

Metode vegan dianggap sebagai metode yang paling ekstrim yang biasanya hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu yang memang memiliki motivasi besar untuk sehat dan selalu fit. Mungkin dalam menjalani metode vegan ini akan ada begitu banyak rintangan yang akan kamu hadapi yakni berbagai godaan dari makanan enak. Terlebih Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam macam kuliner yang luar biasa enaknya seperti rendang, sate, ayam woku, gulai kambing dll.

Namun jika kamu berani dan bersungguh-sungguh melakukan metode vegan, siap-siap terima berbagai keuntungan ini untuk tubuhmu!

 

1. Mengurangi kelebihan berat badan dan membuat tubuh menjadi ideal. Memakan sayur dan buah dapat membuat kenyang lebih lama sehingga kita akan makan lenih sedikit. Dengan memiliki berat badan yang ideal, kita akan terhindar dari resiko timbulnya beberapa penyakit lain seperti, serangan jantung atau darah tinggi.

2. Asupan gizi dan serat yang diterima tubuh dalam jumlah cukup sama dengan jumlah kalori yang dihasilkan produk daging. Selain keseimbangan gizi, makanan vegetarian juga menyehatkan proses pencernaan dalam tubuh karena serat dari sayur-sayuran maupun buah.

3. Membantu proses metabolisme tubuh dan membuat kerja dari usus maupun lambung tidak terlalu berat dalam melakukan pengolahan.

4. Menurut penelitian di Amerika, vegan akan lebih sehat, panjang umur dan awet muda. Menjadi vegan membuat kita sehat lahir dan batin serta memperpanjang usia hidup kita karena makanan hewani seperti daging umumnya dapat mempersempit pembuluh darah sehingga nutrisi dan oksigen terganggu yang akibatnya akan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

5. Dengan vegan, kita akan memiliki perut yang sehat. Dengan memakan banyak sayuran dan buah berarti semakin banyak serat yang dikonsumsi, sehingga akan menjaga usus besar tetap bersih. Selain itu, nutrisi dari sayur dan buah sangat baik untuk perut, karena merupakan sumber asam amino yang sangat baik untuk metabolisme tubuh..

6. Dapat terhindar dari lemak jahat. Sayur dan buah merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan lemak yang sangat baik dan tidak membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, menjadi vegan dapat membuat tekanan darah tetap dalam batas aman dan jantung juga selalu dalam kondisi sehat.

7. Terhindar dari racun yang berasal dari lemak hewani.  Sama seperti manusia, daging hewan yang dikonsumsi terkadang memicu adrenalin untuk memproduksi steroid dan hormon stress. Hormon inilah yang akan dilepas di aliran darah. Saat dikonsumsi oleh manusia, ini akan berformasi menjadi racun yang kemungkinan dapat membahayakan tubuh. Tidak hanya itu, hewan potong terkadang disuntik dengan hormon pertumbuhan agar memiliki daging lebih banyak. Hormon ini juga memicu terbentuknya berbagai penyakit saat dikonsumsi oleh manusia.

8. Dapat menurunkan resiko kanker.  Pola makan vegan banyak mengkonsumsi zat antioksidan, mineral, fitokimia, vitamin dan banyak nutrisi lain. Beberapa nutrisi tersebut dapat meningkatkan sistem imunitas yang mampu melawan berbagai jenis penyakit kanker. Makanan nabati memang membantu penyembuhan penyakit kronis dan berbahaya seperti kanker dan jantung. Selain itu kita bisa terhindar dari penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir, kanker usus, dsb.

 

So, gimana guys? Siap lakukan metode vegan?

 

  • EN: EN

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top