Item terkait

Selasa, 05 September 2017 22:29

BAGAIMANA CARA PADDLING YANG BAIK?

Simak tips dari kami, dan terapkan pada ombakmu selanjutnya!

Mendayung alias paddling dalam surfing mungkin tampak seperti salah satu keterampilan paling dasar untuk dipelajari ketika kita berselancar, namun teknik dayung yang buruk dapat menghambat kemajuan kamu di air loh!

Entah itu cara mendayung yang terlambat atau terlalu cepat, ada banyak faktor yang membuat kamu dapat mendayung sempurna. Di sini kami akan membagikan tip utama tentang cara memperbaiki teknik mendayung yang bisa kalian coba dan terapkan pada ombak kalian selanjutnya.

1. Temukan posisi yang tepat

Mendapatkan posisi dayung yang tepat bisa menjadi sedikit rumit dan tentunya akan sedikit memakan waktu untuk menguasainya. Jangan meletakkan tubuhmu terlalu ke depan sehingga tenggelam dengan hidung dan papanmu muncul di belakangmu dan jika kalian terlalu kebelakang, kemungkinannya adalah hidung papan selancar akan di udara dan kalian tidak akan ke mana-mana. Lihatlah papan selancar kalian saat berbaring di atasnya. Untuk kalian yang pemula, mungkin proses penyeimbangan badan diatas papan ini akan terasa sulit. Namun percayalah, jika kalian sudah tahu spot yang tepat untuk berbaring diatas papan tanpa terjatuh, kalian akan mungkin sekali untuk mendayung bahkan mendayung seperti pro surfer!

 

2. Posisikan kakimu dengan sejajar.

Luruskan kedua kakimu dengan sejajar. Ini berguna untuk kamu menjaga keseimbangan ketika tengah mendayung. Kaki sejajar ini juga memberikan dorongan untuk kalian lebih kuat lagi dalam mendayung. Jangan coba gerak-gerakkan kakimu ketika mendayung, dan pastikan kaki hanya bergerak ketika kamu bersiap berdiri untuk menangkap ombak.

 

3. Tegakkan kepalamu ketika paddling.

Aksi, dan reaksi. Kata inilah yang mungkin tepat kalian yang masih tengok kanan kiri untuk mendapatkan kekuatan padling yang sempurna. Tapi, hal tersebut benar-benar salah. Mungkin beberapa dari kalian masih bisa mendayung dengan gaya sambil menengokkan kepala. Misalkan ketika tangan kananmu mengayuh,kamu menengokkan kepalamu kearah kiri. Padahal, tahukah kamu bahwa itu akan ada aksi dan reaksi dimana ketika kamu menengokkan kepalamu ke kanan dan ke kiri akan menimbulkan reaksi bagian pinggul hingga kaki kemu juga bergerak kearah yang sama. Otomatis ketika kepala dan pinggul serta kakimu ikut bergerak ketika kamu paddling, tentulah ini akan menghambat kecepatan paddling kamu. Jadi, tegakkan kepalamu dengan lurus ketika kamu sedang mendayung. niscaya paddling mu akan lebih gesit.

Nb: Untuk yang satu ini merupakan cara paddling surfer master Kelly Slater.

 

4. Sejajarkan dan rapatkan jari-jari tanganmu dengan sedikit melengkung.

Pada dasarnya, paddling dalam surfing sama dengan ketika kamu berenang. Dimana kamu harus mensejajarkan dan rapatkan jari-jari tanganmu dengan sedikit dilengkungkan. Hal ini membantu kamu membuang air kebelakang lebih banyak dan memungkinkan kamu maju lebih cepat.

 

5. Bangun kecepatan

Saat gelombang mendekat, Kamu perlu mempercepat tanganmu ketika mendayung. Teruslah mengayuh sampai gelombang menjemputmu. Dan yah, cobalah berdiri dan menari diatas ombak!

 

 

 

 

  • EN: EN

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top