Item terkait

Kamis, 06 Juli 2017 22:49

TAHUKAH KAMU MENGAPA LANGIT BERWARNA BIRU?

Penjelasan ini mungkin akan membantu..

Apa yang terjadi jika suatu hari ketika kamu bangun pagi kamu menyaksikan langit berwarna coklat. Tentunya akan sangat aneh bukan? Pernahkah terpikir di dalam benakmu mengapa langit berwarna biru? Mungkin beberapa diantara kalian sudah ada yang tahu penjelasan tentang mengapa langit berwarna biru, namun buka mustahil pula jika masih ada yang belum tahu tentang jawaban dari fenomena alam ini.

Penjelasan mengapa langit berwarna biru itu sangatlah sederhana. Semua berhubungan dari sinar matahari. Sinar matahari yang sebenarnya adalah berwarna putih. Semua cahaya putih, termasuk cahaya matahari, tersusun dari banyak cahaya yang warnanya berbeda-beda. Masing-masing berhubungan dengan panjang gelombangnya.

Kemudian ada beberapa hal yang bisa terjadi jika cahaya putih itu berbenturan dengan berbagai benda. Jika melewati benda transparan, misalnya air, maka cahaya akan berubah arahnya. Sebab, kecepatan cahaya akan berubah saat ia merambat dari satu medium ke medium lain. Sedangkan kalau menimpa cermin, maka cahaya akan dipantulkan ke satu arah. Benda lain bisa menyebabkan cahaya berhamburan ke banyak arah. Lalu, birunya langit tadi adalah hasil hamburan semacam itu,

Ketika cahaya matahari melewati atmosfer bumi, maka terjadilah proses hamburan oleh udara dan partikel-partikel lain seperti debu dan kabut. Proses hamburan ini akan memisahkan warna-warna pada sinar matahari. Cahaya dengan panjang gelombang yang pendek, seperti biru dan violet akan dihamburkan ke sudut yang lebih besar ketimbang cahaya dengan panjang gelombang yang lebih panjang, seperti merah dan kuning.

Namun, karena mata manusia lebih sensitif terhadap warna biru, makanya yang kita lihat adalah warna langit yang biru. Di samping bahwa cahaya violet diserap oleh atmosfer. Lain halnya ketika matahari terbit atau matahari tenggelam. Pada saat itu matahari berada pada sudur yang sangat rendah, sehingga melewati lebih banyak partikel dan molekul. Semakin banyak partikel dan molekul yang dilewati oleh sinar matahari, maka proses hamburan menjadi lebih banyak. Pada saat itulah warna merah dan kuning pun muncul di mata kita

 

 

 

 

  • EN: EN

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top