Senin, 19 Jun 2017 09:25

COUNTDOWN ACARA RIP CURL CUP PADANG PADANG DIMULAI DENGAN MUSIM SURFING YANG EPIK DI INDONESIA

Hanya dalam beberapa minggu saja, perhatian para surfer dunia akan beralih ke pulau Bali - Indonesia, dimana Rip Curl Cup akan kembali berlangsung di Pantai Padang Padang.

Upacara pembukaan untuk kontes ini akan berlangsung pada tanggal 9 Juli 2017.

Dengan serentetan ombak yang menyerang tiada henti pada terumbu karang kelas dunia di Indonesia pada awal bulan Mei dan Juni ini, tampaknya gelombang Samudera Hindia datang tepat pada waktunya untuk pertandingan yang paling dinanti tahun ini.

"Kami mendapatkan lebih banyak ombak besar dalam dua bulan pertama di musim ini dibandingkan tahun lalu," kata surfer lokal asal Bali dan juga juara Rip Curl Cup tahun 2014, Garut Widiarta. "Sepertinya ombak Padang Padang sudah bergejolak tiada henti. Mudah-mudahan ini berarti kita berada diwaktu yang tepat untuk mendapatkan ombak yang spesial di Padang Padang pada Rip Curl Cup tahun ini."

Ini adalah tahun kedua berturut-turut Rip Curl Cup Padang Padang akan menjadi acara yang didukung penuh oleh WSL, membawa semua drama dan aksi tak tertandingi dari "Ultimate Tuberiding Contest" ke khalayak ramai dunia.

"Ini merupakan saat yang menggembirakan sepanjang tahun dimana masa tunggu untuk acara Rip Curl Cup dibuka," kata Will Hayden-Smith, Manager Regional untuk WSL Australia/Oceania. "Saya tahu banyak orang yang memperhatikan pergerakan ombak di Indonesia untuk bisa sampai ON. Ini adalah acara menarik untuk bisa melihat surfer terbaik Indonesia menjadi ahli tube-riding internasional. Saya tidak sabar untuk bisa menyaksikan Padang Padang bergejolak dan memulai pertunjukan. Terima kasih kepada seluruh kru Rip Curl di Indonesia atas semua usaha mereka untuk bisa membuat acara bergengsi ini terjadi."

Sementara dukungan WSL yang sesuai dengan kontes surfing paling bergengsi dan bersejarah di Indonesia, Marketing Manager dari Rip Curl Southeast Asia James Hendy mengatakan, formula untuk Rip Curl Cup yang dianggap memiliki standar gelombang tertinggi dalam dunia pro surfing tidaklah akan berubah.

"Kami sangat senang bisa sekali lagi mendapatkan dukungan dari WSL yang sangat berpengalaman untuk bisa membuat pertunjukan tuberiding terbaik tahun ini ke khalayak dunia dan terus berkembang, namun akar Rip Curl Cup tetaplah sama," kata Hendy. "Hanya tuberiders yang paling dihormati di dunia yang akan menerima undangan untuk bisa bersaing memperebutkan The Cup, dan kontes ini tidak akan  dimulai hingga ombak di Padang Padang berada pada kondisi yang tepat."

Periode tunggu untuk Rip Curl Cup 2017 terbentang selama 1 bulan penuh, yaitu dari tanggal 10 Juli hingga 10 Agustus 2017, dimana merupakan puncak musim gelombang utama di Indonesia dan bisa memberikan kesempatan terbaik untuk mencetak nilai tertinggi pada ombak hijau Bali yang terkenal di dunia.



Sebagai salah satu acara spesial dari WSL, untuk bisa masuk ke Rip Curl Cup bukanlah berdasarkan poin kualifikasi ataupun peringkat WSL saat ini. Kemampuan, reputasi, dan rekam jejak pada ombak terberat dan paling berongga di seluruh dunia lah yang merupakan satu-satunya kriteria untuk bisa mendapatkan undangan ini.

Selama 14 tahun, Rip Curl Cup telah mendatangkan beberapa tube-master terbaik dari era modern untuk bersaing di ombak Padang Padang, termasuk John Florence, Bruce Irons, Jamie O'Brien, Chris Ward, Anthony Walsh dan Jack Robinson. Sementara itu, peselancar papan atas Indonesia seperti Rizal Tandjung, Garut Widiarta, Lee Wilson dan dua kali juara bertahan Rip Curl Cup Mega Semadhi telah terbukti secara konsisten bahwa mereka bisa bersaing dengan surfer terbaik dunia di daerah asalnya.

Daftar nama surfer yang akan hadir pada Rip Curl Cup 2017 akan diumumkan ke seluruh dunia pada tanggal 26 Juni 2017.

"Tahun lalu, hanya satu dari empat surfer yang berada di final yang berasal dari Indonesia, dan dia menjadi Juara," kata Widiarta, mengacu pada sesama surfer Bali Mega Semadhi. "Ketika saya menang di tahun 2014, saya melawan sepupu saya di final yang juga sesama orang Indonesia. Sebagai surfer Indonesia, kita tahu kita memiliki kesempatan khusus untuk bisa bersaing dengan beberapa tube-master terbaik di dunia. Kita tahu seluruh dunia akan menonton. Dan kita tahu kita bisa menang. "

Rip Curl Cup Padang Padang 2017 akan disiarkan langsung ke dunia di ripcurl.asia. Para penggemar juga bisa mengunjungi situs tersebut untuk mengecek ramalan ombak Padang Padang terbaru dari Surfline, status kontes real-time, dan update video dari Bali.

JADWAL ACARA RIP CURL CUP PADANG PADANG 2017:

Event Waiting Period
10 Juli – 10 Agustus 2017

Local Trials
1 – 7 Juli 2017
Kompetisi selama satu hari untuk mengklaim posisi terakhir sebagai peserta di event utama - yang akan diadakan di Padang Padang, jika kondisi ombak memungkinkan, antara tanggal 1 - 7 Juli 2017.

Rip Curl Planet Beach Cleanup
Jumat, 7 Juli 2017, Pukul 8.00 di Pantai Padang Padang, Bali

Opening Ceremony
Minggu, 9 Juli 2017, Pukul 15.00 di Pantai Padang Padang, Bali
1.        Bertemu dengan para surfer
2.        Press conference
3.        Tari tradisional bali Kecak

Official Rip Curl Cup Party
Jumat, 4 Agustus 2017, Pukul 20.00
Malam extravaganza, lokasi TBA, Bali.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top