BOROBUDUR BERADA DI POSISI TOP 3 DALAM National Geographic’s Iconic Adventures Photo by : nomadicpixel.com
Selasa, 30 Mei 2017 15:18

BOROBUDUR BERADA DI POSISI TOP 3 DALAM National Geographic’s Iconic Adventures

Kemegahan Candi Borobudur kalahkan tempat lainnya di beberapa Negara.

Masyarakat Indonesia lebih bangga dan merasa derajatnya lebih naik jika telah melancong ke luar negeri. Padahal tanpa disadari bahwa Indonesia merupakan negeri yang sangat megah yang keindahan alam dan berbagai zona wisatanya tidak kalah dengan luar negeri. Salah satu ikon wisata Indonesia yakni Candi Borobudur, merupakan satu yang patut alias wajib dikunjungi.  Candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia ini mendapat pengakuan di seluruh dunia: National Geographic yang menempatkan Borobudur di Top 3 dari 15 di World's Iconic Adventures Worth the Effort. Hebat bukan?

Candi ini merupakan tempat bagi para peziarah Buddhis Mahayana memanjat struktur setinggi 95 kaki, multi-tier (satu kuil Budha terbesar di Bumi) sebagai perjalanan simbolis menuju pencerahan. Borobudur mencakup area yang sangat luas, berukuran 123 x 123 meter. Monumen ini merupakan desain yang penuh keajaiban yang luar biasa, dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha. Arsitektur dan bangunan batu candi ini tidak sama, dan sejak tahun 1991 candi tersebut telah terdaftar sebagai situs Warisan Dunia UNESCO. Borobudur duduk di atas bukit dan menghadap ke panorama pegunungan dan lembah hijau subur yang tak terlupakan.

Baru-baru ini, pada tanggal 1 Mei 2017, Presiden Presiden Indonesia, Joko Widodo, - yang dikenal sebagai Presiden Jokowi - juga mempromosikan Candi Borobudur di Hong Kong. Di Museum Madame Tussaud di Hong Kong, Presiden Jokowi memutuskan bahwa citra Candi Borobudur digunakan sebagai latar belakang patung lilin seukuran nya.

Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya mengungkapkan kegembiraan dan apresiasinya kepada National Geographic yang menempatkan Indonesia sebagai Borobudur peringkat paling bergengsi. Ia sangat setuju jika karya budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO ini patut dianggap sebagai salah satu ikon dunia.

Kedepannya lagi diharapkan pariwisata Indonesia semakin maju dan semakin dikenal di telinga wisatawan baik asing maupun domestik.

 

Berikut daftar National Geographic’s Iconic Adventures dari 1 hingga 15

 

  1. Machu Picchu, Peru
  2. Petra, Jordan
  3. Borobudur, Indonesia
  4. The Acropolis, Greece
  5. The Great Wall, China
  6. Sigiriya, Sri Lanka
  7. Plitvice Lakes National Park, Croatia
  8. Mammoth Cave National Park, Kentucky
  9. Provence’s Lavender Route, France
  10. Avenue of the Baobabs, Madagascar
  11. Potala Palace, Lhasa, Tibet
  12. Amber Fort, Jaipur, India
  13. Sydney Harbour Bridge, Australia
  14. The Leaning Tower, Pisa, Italia
  15. Reichstag, Berlin, Germany

 

 

Sumber :  www.thejakartapost.com

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top