Sabtu, 27 Mei 2017 00:16

Bali Arts Festival 2017 MERAYAKAN DAN MEMUJA AIR SEBAGAI SUMBER KEHIDUPAN

Hadiri festival Kesenian Bali dan jadilah saksi-saksi pertunjukan budaya dan ritual yang memukau!

Festival Kesenian Bali kembali untuk ke-39 kalinya tahun ini. Dimulai pada tanggal 10 Juni dan berakhir pada tanggal 8 Juli, festival ini memungkinkan pengunjung untuk menikmati banyak pertunjukan budaya dan ritual tradisional yang kurang dikenal.

"Festival Kesenian Bali tidak hanya dirancang sebagai platform untuk memanfaatkan, melestarikan, mentor dan mengembangkan seni dan budaya Bali, tapi juga berperan sebagai media promosi," kata Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Tema untuk tahun ini adalah "Ulun Danu," yang berarti dari Melestarikan Air Sumber Kehidupan (Pengawetan Air sebagai Sumber Kehidupan). Kata Ulu bisa berarti kepala, tengah atau hulu, sedangkan Danu bisa diterjemahkan sebagai danau atau sumber air.

"Dalam kehidupan sehari-hari orang Bali, air adalah simbol kehidupan (amerta, merta, yeh, toya dan tirta). Ulun Danu sebenarnya dikenal dalam khalayak masyarakat lokal yakni tentang melestarikan, menghormati dan mengelola air sebagai sumber kehidupan dan peradaban, "kata kepala badan pariwisata Bali, A. A Gede Yuniartha Putra.

"Salah satu misi utama festival ini adalah menyelamatkan seni dan budaya tradisional dan klasik Bali sekaligus memberikan ruang bagi para seniman untuk bereksperimen. Pada akhirnya, festival tersebut harus menjadi objek wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, "tambah Gubernur Bali I Made Mangku Pastika.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top