Jumat, 19 Mei 2017 21:58

PERKENALKAN ALBA, ORANGUTAN ALBINO LANGKA DARI KALIMANTAN

Setelah sebelumnya dalam kondisi yang buruk, kini Alba telah membaik dan naik 4.5 kg..

Pada akhir April 2017, ditemukan seekor Orangutan Albino nan langka diselamatkan oleh Tim BOS Foundation dab Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Kemudian Orangutan cantik ini diberi nama Alba, yang berarti ‘putih’ dalam bahasa Latin dan ‘fajar’ dalam bahasa Spanyol.

Alba diselamatkan tepatnya pada tanggal 29 April di desa Tanggirang di Kapuas Hulu, KalimantanTengah dalam kondisi yang menyedihkan. Ia mengalami stres, dehidrasi, lemah, menderita infeksi parasit, dan tidak menunjukkan nafsu makan yang sehat. Selama beberapa hari pertama tinggal di Pusat Reintroduksi Orangutan di Nyaru Menteng, ia hanya mau makan tebu. Saat kedatangan, orangutan yang sangat langka ini segera ditempatkan di bawah pengawasan penuh dan diberikan perawatan intensif dari tim medis selama 24-jam sehari di dalam fasilitas karantina yang remang-remang, karena ia sangat sensitif terhadap cahaya matahari. 

Setelah beberapa hari perawatan khusus dari tim medis, Alba mulai menerima lebih banyak variasi makanan, seperti buah-buahan dan susu. Kondisinya berangsur membaik dan setelah sepuluh hari perawatan, berat badannya telah bertambah 4,5 kilogram. Mengingat kondisi langka dan uniknya, Yayasan BOS kini tengah mengumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai fenomena albinisme di keluarga kera besar sebelum menentukan tindakan terbaik baginya.

 

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top