Senin, 15 Mei 2017 20:45

BUKAN CUMI-CUMI, BANGKAI RAKSASA DI MALUKU TERNYATA ADALAH PAUS

Bangkai raksasa yang dikira cumi-cumi ini menggegerkan warga sekitar..

Bangkai raksasa yang diperkirakan cumi-cumi yang ditemukan di pesisir pantai di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku pada pekan lalu telah mengehbohkan warga setempat. Pasalnya jika memang benar itu adalah cumi-cumi, maka bisa dikatakan cumi-cumi ini adalah cumi terbesar di dunia. Namun, pihak dari Kementrian Kelautan telah menghimbau kepada siapapun untuk tidak langsung berasumsi bahwa hewan tersebut adalah seekor cumi-cumi.

Kemudian dikirim oleh KKP tim untuk meneliti dan menyelidiki apa sebenarnya hewan raksasa tersebut. Setelah mengetahui dengan pasti, Salah satu pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Kabupaten Seram Bagian Barat, Nasrun, mengidentifikasi bangkai hewan raksasa itu sebagai paus.

Paus tersebut merupakan jenis paus sperma. Pihak KKP juga menjelaskan bahwa bangkai itu merupakan paus karena tidak melihat ventral grooves atau lipatan pada rahang bawah seperti pada baleen whale.Pihak KKP juga menjelaskan mengapa mereka yakin bahwa itu adalah paus, karena identifikasi dari bagian tenggorokan paus tersebut. Sperm whale jika membusuk, ususnya akan keluar melalui bagian tenggorokan bawah mulut yang bergaris-garis seperti buah labu, dan melengkung-lengkung. Dan inilah mengapa beberapa orang sempat mengira makhluk ini adalah cumi-cumi lantaran ususnya yang terurai dari mulut mirip seperti tentakel cumi-cumi.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top