Item terkait

Rabu, 15 Februari 2017 00:47

TRADISI PASOLA AKAN SEGERA DIGELAR DI SUMBA

Pasola adalah festival khas Sumba yang merupakan tradisi menunggang kuda sambil memegang tombak...

Tahukah kamu bahwa di Pulau Sumba, NTT ada sebuah tradisi unik bernama Pasola? Adalah sebuah tradisi yang menantang keberanian para pria Sumba dengan menunggang kuda sambil memegang tombak dan berperang. Jangan khawatir, adegan yang dimainkan tidak sampai membuat pemain sampai berdarah darah.

Atraksi perang-perangan lembing dengan berkuda khas Sumba yang kerap disebut Pasola ini dipastikan akan digelar pada 18-21 Februari dan 17-20 Maret di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Mentri Pariwisata Arief Yahya mengatakan “Jangan lupa, jaga tanggal mainnya! Silakan lihat sendiri serunya budaya kita di Sumba!”

Pasola sendiri sudah termasuk sebagai salah satu budaya terpopuler di Indonesia yang banyak diminati turis baik lokal maupun asing. Tanggal pelaksanaan Pasola di tiap tahunnya tidak sembarang ditentukan, melainkan harus melalui proses perhitungan secara adat oleh Rato sang tetua adat.

Di tradisi ini, wwisatawan bisa melihat penduduk asli Sumba saling berperang dengan menunggang kuda dan membawa tombak. Mungkin sekilas akan terasa ngeri. Nantinya Kuda-kuda dalam festival ini akan dipacu kencang oleh dua kelompok yang berlawanan. Masing-masing kelompok terdiri dari 50-100 orang dan mereka akan saling serang. Peserta akan membawa tombak atau lembing kayu, namun lembing kayu yang dipakai untuk saling melempar dari atas kuda diameternya sekitar 1,5 cm dan ujung tombak sudah dibuat tumpul agar tidak membahayakan para peserta.

 

Berikut adalah jadwal Pasola yang akan digelar..

 

Februari 2017:
18 Februari 2017: Pasola Homba Kalayo, Kecamatan Kodi Bangedo
20 Februari 2017: Pasola Bando Kawango, Kecamatan Kodi
21 Februari 2017: Pasola Rara Winyo, Kecamatan Kodi Maret 2017

Maret 2017:

17 Maret 2017: Pasola Maliti Bondo Ate (Ratennggaro), Kodi Bangedo
18 Maret 2017: Pasoa Waiha, Kecamatan Kodi Blaghar
20 Maret 2017: Pasola Waingapu, Kecamatan Kodi Blaghar

 

So, guys tentunya tidak ada ruginya untuk menyaksikan tradisi ini bukan? Apalagi ditambah alam Sumba yang begitu indah dan berbagai ombak sempurna juga tersedia disana. So, kalian bisa surf trip ke Sumba sekaligus kenali lebih dalam budaya di Sumba kan..

  • EN: EN

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top