Senin, 06 Februari 2017 00:33

APA YANG HARUS KAMU LAKUKAN UNTUK MENOLONG SESEORANG YANG TENGGELAM?

Berikut pertolongan pertama yang harus kamu lakukan untuk menyelamatkan orang yang tenggelam..

Apa yang terfikirkan dalam otakmu pertama kali untuk menyadarkan orang yang tenggelam? pasti memberikan nafas buatan bukan? Seperti yang kita lihat di film film dimana menyelamatkan orang sehabis tenggelam untuk mengembalikan kembali nafasnya yakni dengan memberikan nafas buatan. Namun faktanya, tahukah kamu bahwa tak semudah itu kita memberikan nafas buatan dan kemudian orang tersebut sadar kembali. Ada beberapa cara atau teknik yang mungkin kebanyakan dari kita masih belum mengetahuinya. Maka dari itu, untuk semua pelaku aktivitas air dan pantai, wajib ketahui beberapa langkah wajib untuk menyelamatkan orang tenggelam. Siapa tahu nanti kamu dihadapkan dengan kejadian itu, sehingga kamu tidak akan kaget lagi dan sudah paham apa yang harus kamu lakukan untuk menolong...Tentunya Tugas untuk menolong orang tenggelam walaupun biasanya dilakukan oleh petugas atau tim kemanusiaan perlu kita lakukan juga apa bila terdesak..

Berikut adalah pertolongan pertama yang harus dilakukan..

 

1. Jika kamu melihat korban berada di air, berenanglah kearahnya dan segera tarik dia ke daratan. Ingat, disini kamu harus tau dirimu, apakah kamu cukup jago berenang atau tidak. Jika tidak, berteriaklah minta tolong atau panggil seseorang di dekatmu yang bisa berenang. Jika kamu yang berenang membantu korban untuk keluar dari air, rangkul korban dari belakang dan bawa ke tepi. Ingat, jangan panik! Karena panik hanya akan membuatmu terperangkap dalam kondisi berbahaya.

2. Jika korban masih sadar, kalian hanya cukup menenangkan korban dengan membaringkannya dan berikan handuk atau kain untuk menghangatkannya.

3. Jika korban tidak sadarkan diri, Telungkupkan si korban, keluarkan air dan kotoran dari mulutnya secepatnya. Usahakan korban harus dalam keadaan hangat, berikan handuk atau kain kain untuk menghangatkan korban. cobalah tepuk tepuk bahu korban untuk upaya memanggil dan menyadarkannya.

4. Jika korban tidak merespon tepukanmu, cek nafas korban didapan mulutnya selama 5 atau 10 detik.

5. Jika tidak ada nafas, jangan langsung difikir korban sudah meninggal, berikan nafas buatan dengan cara tiup mulut korban. Baringkan terlentang dan angkatlah dagunya. Peganglah hidungnya erat-erat dan hembuskan napas pelan-pelan ke dalam mulutnya kira-kira 15 atau 20 kali semenit. Usaha ini akan mengembungkan paru-paru dan menolong mengembalikan pernapasan si korban.

6. Cek nadinya di bagian leher.

7. Jika nadi tak berdetak, segera lakukan komprensi atau memberikan tekanan dengan cara menaruh kedua tangan kita di tengah dada korban, dengan posisi kita tegak lurus. Coba lakukan komprensi kurang lebih sebanyak 30 kali.

8. Setelah korban berhasil sadar, Bawa atau kirimkan korban ke rumah sakit meskipun tampaknya sudah pulih kembali. Jika korban tidak sadar, tetaplah bawa korban ke RS terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top