Item terkait

Selasa, 10 Januari 2017 00:16

SERANGAN HIU TERJADI DI BALIAN

Hindari berselancar dekat hulu sungai...

Area Balian di pulau Bali kini akan menjadi pusat perhatian bagi peselancar ataupun siapa saja yang biasa menikmati renang di area ini. Pasalnya area ini memiliki fakta bahwa perairannya dihuni oleh hiu banteng yang merupakan hiu teragresif diantara spesies hiu lainnya. Menurut data dari beberapa sumber, kejadian serangan hiu banteng di Balian ini sudah terjadi semenjak tahun 2010.

Kemarin pagi dilaporkan oleh Twiggy Van Ryan seorang warga negara Australia yang tinggal di daerah pantai Balian melalui akun facebooknya mengatakan tentang kesaksiannya melihat seorang surfer diserang oleh hiu banteng. Sang surfer yang diserang dikabarkan mengalami gigitan di lengannya serta patah tulang namun sang surfer berhasil selamat dari serangan hiu tersebut.

Bali sendiri dikenal sebagai spot surfing yang bisa dikatakan aman aman saja. Tapi mulai beberapa tahun lalu mulai muncul hiu hiu banteng baik secara tak sengaja disaksikan dengan mata telanjang ataupun terekam kamera. Hiu Banteng adalah spesies hiu yang paling berbahaya karena merupakan hiu yang paling agresif. Hiu banteng juga bertanggung jawab atas beragam serangan hiu yang terjadi di dunia termasuk Balian, Bali.

*hiu hasil tangkapan nelayan di Bali

 

Sedikit tentang Hiu banteng, Hiu ini juga dikenal dengan sebutan Hiu Zambezi atau Zambi di Afrika dan Hiu Nicaragua di Nicaragua, banyak ditemukan di perairan dangkal dan hangat sepanjang pantai, dan dikenal karena kelakuannya yang tidak dapat diprediksi, kadang-kadang agresif.

Mereka toleransi terhadap air tawar, hal ini sangat langka ditemukan pada hiu. Dengan ini mereka bisa pergi jauh menelusuri hulu sungai dan menyerang manusia di bibir pantai. Meskipun begitu mereka bukan hiu sungai (genus glyphis) sejati.

Berikut bukti betaoa agresifnya hiu jenis ini.. menyerang seorang spearfisherman

Jika dilihat dari habitat dan kelakuan hiu jenis ini, tak heran jika pantai Balian, Bali menjadi salah satu tempat tinggal yang tepat bagi hiu ini. Menurut data beberapa kali serangan oleh hiu jenis ini terjadi di Balian. Lihat tabel  dibawah ini..

Lalu, apakah langkah terbaik ? Hindari surfing di dekat mulut sungai, terutama di musim penghujan seperti saat ini. Hiu banteng ini menurut kebiasaannya selalu mencari makan pada pagi hari dan pada sore hari. Jika harus surfing di dekat hulu sungai, cobalah untuk tidak surfing di pagi hari dan sore hari.

 

 

Video di bawah ini menampilkan kegiatan hiu di Balian yang seperti biasa dengan banyak peselancar di dalam air kala itu, yang tidak menyadari apa yang ada di dekat mereka.

  • EN: EN

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top