Item terkait

Rabu, 07 Desember 2016 11:45

ACEH KEMBALI DILANDA GEMPA, MASYARAKAT PANIK DAN TAKUT KEJADIAN TSUNAMI TERULANG LAGI

Hingga berita ini diturunkan, korban tewas mencapai 90 orang..

Aceh kembali dilanda gempa, tentunya hal ini membuat kita teringat akan kejadian tsunami silam yang menewaskan ribuan orang. Kali ini Aceh dilanda gempa bumi tektonik berkekuatan 6,5 SR. Gempa bumi tersebut terjadi pukul 05.03 WIB, dengan pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT. Gempa tersebut terjadi di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km. Menurut sumber terpercaya, guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, BMKG Moch riyadi mengatakan, seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser. Hasil monitoring BMKG menunjukkan hingga pukul 5.30 WIB sudah terjadi gempa bumi susulan sebanyak lima kali.

Akibat gempa kali ini, juga menyisakan tangis lantaran menewaskan beberapa orang. Dikabarkan Jumlah korban tewas akibat gempa di Aceh sudah mencapai 92 jiwa dan kemungkinan masih akan bertambah, seperti dijelaskan salah seorang anggota Tim Kantor Presiden untuk Gempa Aceh. Jumlah korban jiwa kemungkinan masih akan bertambah karena ada daerah yang belum terjangkau alat-alat berat. Sementara korban luka berat tercatat sedikitnya 73 orang dan 122 orang menderita luka ringan.

Dijelaskan oleh ketua BMKG bahwa gempa Aceh ini tidak berpotensi tsunami.

  • EN: EN

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top